15 PNS Pemprov Wartawanitif Narkoba - 18 December 2014 - Tutorial Berbagai Cara - Berita Online - Bisnis Online - Updated Daily New PTC Sites (Top,Trusted,Elite,Legit,)
Home » 2014 » December » 18 » 15 PNS Pemprov Wartawanitif Narkoba
6:29 PM
15 PNS Pemprov Wartawanitif Narkoba

15 PNS Pemprov Wartawanitif Narkoba

 

BKD: Sanksi Pangkat Akan Diturunkan

 

MEDAN

Limabelas Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov Sumut terdeteksi positif menggunakan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov Sumut menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumut memeriksa urin 1.384 PNS Pemprov Sumut.

Dari 15 PNS yang dinyatakan positif menggunakan narkotika, antara lain satu orang pejabat eselon III, 10 orang dari eselon IV, dan empat orang staf.

"Dari 1.384 orang pejabat dan PNS Pemprov Sumut yang dilakukan pemeriksaan urin, 15 orang dinyatakan positif terindikasi menggunakan narkoba," beber Kepala BKD Pemprov Sumut Pandapotan Siregar didampingi Kepala BNN Sumut Kombes Pol. Rudi Tranggono dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (18/12) di Kantor BKD Sumut.

 

 Pandapotan mengatakan, BKD Sumut tidak akan membiarkan begitu saja 15 orang PNS yang terindikasi narkotika tersebut. Namun, akan dilakukan assesment (pembinaan) bersama BNN Sumut.

 

 Ia menegaskan, bagi ke-15 orang itu akan dikenakan sanksi penurunan pangkat dalam tiga tahun. Pandapotan enggan membeber di mana saja ke 15 PNS tersebut dinas. "Jika tidak perlu direhab, baik yang punya jabatan maupun tidak punya jabatan, tetap dijatuhi hukuman penurunan pangkat tiga tahun berturut-turut," ujar Pandapotan.

 

 Ia mengaku optimis dalam dua sampai tiga tahun mendatang, pemeriksaan urin 11 ribu-an PNS Pemprov Sumut akan bisa diselesaikan oleh BNNP Sumut.

 

 Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumut Kombes Pol. Rudi Tranggono menyebut, dari 15 PNS yang dinyatakan positif menggunakan narkoba, enam orang dikategorikan pengguna berat. Sedangkan sembilan orang lainnya sebagai pecandu ringan.

 

"Dalam pelaksanaan pemeriksaan yang memerlukan waktu dua bulan, kita dapati 15 orang positif menggunakan narkoba. Dari jumlah itu, enam orang kategori pengguna berat, selebihnya pecandu ringan. Narkotikanya jenis sabu dan ganja," ujarnya.

 

 Dua kategori tersebut, jelas Rudi, didapat dari hasil evaluasi yang dilakukan mereka setelah melakukan pemeriksaan urin pertama. "Kita evaluasi enam orang dari 15 orang yang dinyatakan positif masih menggunakan lagi, selebihnya tidak menggunakan lagi," bebernya.

 

 Rudi menyebut, sesuai kesepakatan dengan Pemprov Sumut, jika setelah assesment pembinaan dalam tempo dua bulan ke depan, enam orang tersebut tidak ada perubahan, BNN Sumut, kata Rudi, segera melakukan rehabilitasi bagi keenamnya ke lembaga rehabilitasi milik BNN maupun ke lembaga rehabilitasi swasta. "Kalau yang enam orang juga tidak bisa lepas (dari narkotik) akan segera kita rehab," ungkapnya.

 

Baik BKD dan BNN Sumut, sama-sama enggan membeberkan ke-15 nama PNS tersebut. Termasuk ketika disinggung berasal dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) mana ke-15 orang dimaksud. "Kalaulah itu kita sampaikan ke publik, maka akan mengganggu assesment (pembinaan) yang dilakukan BNN. Jangankan nama dan di dinas mana ia bekerja, inisialnya saja kalau muncul di koran, bisa-bisa besok wartawan sibuk menghubungi kepala dinasnya. Lagian juga kita pikirkan perasaan keluarganya," papar Pandapotan.

 

Pihaknya berharap kerjasama dengan BNN ini terus berlanjut guna memberikan pembinaan terhadap PNS di jajaran Pemprovsu. "Kita harapkan yang 15 orang itu akan terus di asesment oleh BNN agar tidak ada lagi ketergantungan terhadap narkoba," katanya.

 

Kegiatan tes urin sebelumnya sudah dilaksanakan pada pertengahan Oktober 2014 lalu. BKD sengaja merangkul BNNP di mana sesuai nota kesepahaman (MoU) atas instruksi dari Gubsu Gatot Pujo Nugroho. Kegiatan itu sedikitnya menghabiskan anggaran Rp300 juta yang diambil dari APBD Sumut Tahun Anggaran 2014. Setelah adanya hasil pemeriksaan BNN ini, BKD Sumut kan segera menyampaikan laporan ke Gubsu Gatot Pujo Nugroho.

Category: Berita Online | Views: 387 | Added by: admin | Tags: PNS, Pangkat Akan Diturunkan, bkd, Wartawanitif Narkoba, Pemprov | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Only registered users can add comments.
[ Sign Up | Log In ]