Badan Adhoc PPK dan PPS Di Sumut Dibentuk Begitu PKPU Disahkan - 7 December 2014 - Tutorial Berbagai Cara - Berita Online - Bisnis Online - Updated Daily New PTC Sites (Top,Trusted,Elite,Legit,)
Home » 2014 » December » 7 » Badan Adhoc PPK dan PPS Di Sumut Dibentuk Begitu PKPU Disahkan
9:48 PM
Badan Adhoc PPK dan PPS Di Sumut Dibentuk Begitu PKPU Disahkan

Badan Adhoc PPK dan PPS Di Sumut Sudah Harus Dibentuk Begitu PKPU Disahkan




SUKABUMI – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ferry Kurnia Rizkiyansyah, mengatakan Komisioner KPUD Sumatera Utara, untuk segera membentuk Badan Adhoc pelaksana pemilu mulai dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) maupun Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat Desa/Kelurahan, begitu sejumlah Peraturan KPU tentang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) disahkan.



“Jadi ketika PKPU muncul, harus menjadi rujukan. Badan Adhoc di tingkat PPK dan PPS harus segera dibentuk,” ujarnya dalam Media Gathering KPU yang digelar di Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (7/12).



Menurut Ferry, pembentukan PPK dan PPS perlu segera dilaksanakan, mengingat ada hal yang berubah dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014, tentang pemilihan gubernur, bupati dan wali kota.



Terutama terkait proses pencalonan bakal calon kepala daerah dari jalur perseorangan. Kelengkapan dukungan dari masyarakat sebagai syarat, akan langsung diverifikasi secara langsung ke lapangan.



“Verifikasinya itu langsung dilakukan ke desa-desa/kelurahan-kelurahan. Maka PPS itu sudah harus disiapkan dari awal,” ujarnya.



KPU, kata Ferry, menyimulasikan pilkada serentak di 204 daerah di tahun 2015, akan mulai dilaksanakan Maret 2015. Artinya, ketika proses tahapan mulai dilaksanakan, PPS sudah harus terbentuk. Sehingga proses selanjutnya dapat berjalan dengan baik, di mana dijadwalkan tahapan pemungutan suara dilaksanakan pertengahan November 2015.



Sementara itu di tempat yang sama, Komisioner KPU lainnya, Arief Budiman, mengatakan dirinya hampir tidak mendengar adanya penolakan Perppu Nomor 1 Tahun 2014 dari teman-teman di daerah. Terutama dari daerah-daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak, termasuk Sumatera Utara. Mantan Komisioner Jawa Timur ini, mengungkapkan pandangannya menyikapi adanya indikasi sejumlah anggota DPR menolak Perppu.



“Saya tidak pernah mendapat informasi ada Pemerintah Daerah dan DPRD yang menolak untuk menganggarkan biaya pelaksanaan Pilkada 2015. Saat bertemu dengan mereka, saya sampaikan dalam Perppu ada konsekuensi anggaran. Nah itu mereka siapkan,” katanya.



Meski begitu, Arief mengaku pihaknya tidak ingin mengomentari lebih jauh kemungkinan DPR menolak Perppu Nomor 1 Tahun 2014. Ia hanya mengatakan, dalam hal ini KPU tetap melaksanakan apapun keputusan resmi parlemen.

Category: Berita Online | Views: 424 | Added by: fztm | Tags: ppk, PKPU, Adhoc, SUMUT, pps | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Only registered users can add comments.
[ Sign Up | Log In ]