Bantuan Swasta Gagal Dinikmati Masyarakat - 21 December 2014 - Tutorial Berbagai Cara - Berita Online - Bisnis Online - Updated Daily New PTC Sites (Top,Trusted,Elite,Legit,)
Home » 2014 » December » 21 » Bantuan Swasta Gagal Dinikmati Masyarakat
5:07 PM
Bantuan Swasta Gagal Dinikmati Masyarakat

Bantuan Swasta Gagal Dinikmati Masyarakat Tanjungmorawa

 

DELISERDANG

Camat Tanjungmorawa, Faisal Arif Nasution mengaku kecewa dengan sikap Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapeldalda) Deliserdang, Artini Marpaung. Sebab, ada dua perusahaan swasta, PT Mabar Elektrindo dan PT Kualanamu Bina Mitra yang memberikan bantuan alat komposter, takakura dan biopori kepada 25 desa dan 1 kelurahan di Kecamatan Tanjungmorawa dalam acara Hari Cinta Puspa dan Satwa Kabupaten Deliserdang, Jum'at (19/12) sore lalu di Lapangan Simpang Abadi, Tanjungmorawa. Bahkan, bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan.

 

Namun, bantuan tersebut enggak sampai ke Camat Tanjungmorawa yang untuk diserahkan kepada Kepala Desa dan Lurah. Informasi diperoleh, akibat tidak sampainya bantuan itu berbuntut dengan kericuhan.

 

Salah seorang kepala desa yang berniat mengambil bantuan tersebut dengan mobil bak terbukanya. Kepala desa (kades) tersebut dilarang. Selain itu, informasi lainnya juga menyebutkan akibat tidak ada sosialisasi cara penggunaan alat komposter, takakura dan biopori. Maka bantuan itu nanti diserahkan langsung ke setiap kepala desa dan lurah di Kecamatan Tanjungmorawa. Artinya, setiap kades dan lurah mengambil langsung ke Kantor Bapeldalda Deliserdang. Padahal, sosialisasi tentang pemakaian alat komposter, takakura dan biopori baru digelar sebulan yang lalu.

 

"Ada bantuan diberikan alat baru untuk kami. Jadi tiba-tiba malamnya di tarik paksa Tiba-tiba kata Kepala Bapeldalda suruh diambil ke kantor. Anggotanya yang paksa, alasannya tidak puas karena kurang sosialisasi," kata Camat Tanjungmorawa, Faisal Arif Nasution, kemarin.

 

Lebih jauh, ia mengaku kalau terkait persoalan sosialisasi tentang penggunaan alat yang mengelola sampah. Ia mengaku kegiatan tersebut sering diramaikan oleh masyarakat hingga tim PKK kelurahan dan desa. Bahkan kata Camat, hal tersebut bukanlah menjadi alasan untuk tidak menyerahkan langsung.

 

"Acaranya sudah 3 hari, mulai Rabu. Bantuan itu sudah terekspos yang sudah menyerahkan ke kita tapi tiba-tiba diambil lagi. Baru sebagian yang sudah diserahkan ke desa," ungkapnya.

 

Kekecewaan itu juga diungkapkan Kades Bandarlabuhan, Hajeman. Ia mengaku secara simbolis bantuan dari dua perusahaan swasta itu diberikan oleh Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan.

 

"Ada beberapa kades sudah bawa bantuan itu. Termasuk saya juga. Ya jadi terpaksa dikembalikan lagi bantuan itu ke lokasi acara," kata dia.

 

Sementara, Artini Marpaung selaku Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kabupaten Deliserdang mengatakan, terkait bantuan alat komposter, takakura dan biopori dari PT Mabar Elektrindo dan PT Kualanamu Bina Mitra yang dituding menarik kembali. Ia membantah tudingan tersebut.

 

Artini menjelaskan, ia kecewa lantaran saat akan mau disosialisasikan alat bantuan itu kepada 25 Desa dan 1 Kelurahan di Kecamatan Tanjungmorawa. Camat Tanjungmorawa, Faisal Arif Nasution tak mampu menepati janjinya. Pasalnya, kata Artini, Camat Tanjungmorawa menjanjikan kepadanya dapat menghadirkan 5 orang dari desa yang ada di Tanjungmorawa. Berarti, jumlah yang hadir dalam acara sosialisasi tersebut sebanyak 130 orang.

 

"Bukan saya tarik itu bantuan, hanya dibawa ke kantor (Bapeldalda, red). Saya kecewa lah, hanya 21 yang datang. Itukan namanya menghina kami," kilahnya.

 

Menurut Artini, ketika sosialisasi cara membuat pupuk kompos di 22 Kecamatan lain yang ada di Kabupaten Deliserdang. Camat-camat yang memimpin wilayah pemerintahannya mampu menghadirkan orang melebihi target.

 

"Misalnya di Percut Seituan kemarin, pak Hadimsyah bisa hadirkan 60 orang yang targetnya 50 orang," ujarnya seraya mengaku bantuan dari 2 perusahaan swasta itu boleh diambil. Catatannya, Kepala Desa yang langsung datang menemuinya.

Category: Berita Online | Views: 408 | Added by: fztm | Tags: Tanjungmorawa, Swasta, Masyarakat | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Only registered users can add comments.
[ Sign Up | Log In ]