Bentrok di Lahan Garapan - 13 December 2014 - Tutorial Berbagai Cara - Berita Online - Bisnis Online - Updated Daily New PTC Sites (Top,Trusted,Elite,Legit,)
Home » 2014 » December » 13 » Bentrok di Lahan Garapan
1:02 AM
Bentrok di Lahan Garapan

2 Satpam PTPN2 Kena Panah Beracun

 

HAMPARAN PERAK

Seratusan warga penggarap dan petugas Satuan Pengaman (Satpam) PTPN 2 kembali bentrok di sekitar lahan sengketa di Pasar IX Desa Klumpang, Hamparan Perak, Deliserdang. Dalam insiden tersebut, 3 petugas Satpam perkebunan cedera terkena panah dan batu.

 Bentrokan terjadi ketika seratusan massa penggarap mengatasnamakan Kelompok Tani Maju Lestari Indonesia (KTMLI) mendatangi areal lahan dengan membawa kendaraan alat berat (beko, red). Penggarap yang mempersenjatai diri dengan panah, parang, kayu dan batu, masuk ke lahan garapan dan menutup saluran drainase yang telah dibangun pihak perkebunan.

 "Kejadiannya sekitar pukul 11..00. Jumlah mereka mencapai seratusan orang, dan datang membawa alat berat tujuannya untuk menutup parit yang ada di lahan HGU kami," kata seorang karyawan perkebunan, Amal, Sabtu (13/12).

 Munculnya kelompok massa penggarap ini, para pekerja yang berjumlah belasan memiliki kabur untuk memberitahukan kepada petugas Satpam perkebunan. Begitu menerima laporan, puluhan personil keamanan PTPN 2 bergegas ke lokasi. Suasana di sekitar lahan pun mulai memanas, massa petani penggarap yang mengklaim lahan tanah itu adalah milik mereka, tetap ngotot ingin menutup saluran drainase.

 Akibat adanya ketegangan antara kubu penggarap dan PTPN 2, massa penggarap pun melempari petugas keamanan perkebunan hingga mengakibatkan, Katmono selaku Danton Satpam PTPN 2 kebun Helvetia terluka setelah bongkahan batu mengenai bagian bahunya. Tak sampai disitu, penggarap juga menyerang petugas keamanan perkebunan dengan menggunakan panah.

"Yang terluka cukup parah adalah, Sudarli dan saat ini masih dirawat di rumah sakit di Binjai. Dia terkena panah beracun dibagian pelipis mata sebelah kanan, sedangkan si Edi Mulyono kena panah di bagian paha kanan. Selain itu, 3 unit sepeda motor milik pekerja kebun juga di rusak," katanya.

  Mendengar adanya bentrokan penggarap dengan karyawan PTPN 2, aparat Kepolisian Sektor Hamparan Perak langsung menuju lokasi untuk melakukan pengamanan. Kedua kubu akhirnya ditenangkan. Namun, baik dari kelompok petani penggarap maupun pihak PTPN 2 tetap bertahan dan belum mau membubarkan diri.

 Kanit Reskrim Polsek Hamparan Perak, Iptu Ponijo mengatakan, keributan antara pihak PTPN 2 dengan kelompok petani disebabkan oleh perebutan lahan di areal Pasar 9 Desa Klumpang. Saat ini situasi sudah kembali kondusif meski kedua kubu terlihat masih berada di sekitar lokasi lahan yang menjadi obyek sengketa.

"Situasinya saat ini sudah kondusif. Keributan yang mengakibatkan 3 korban jiwa itu dipicu karena penggarap yang mengklaim lahan itu milik mereka, bermaksud menutup saluran parit yang sebelumnya dibangun pihak PTPN 2," ujarnya.

 Sementara, Asisten Menajer (Asmen) Umum PTPN 2 Kebun Helvetia, David Ginting saat dihubungi Wartawan membenarkan adanya tiga petugas Satpam perkebunan yang terluka dalam peristiwa bentrokan dengan massa penggarap.

"Dari tiga orang Satpam kita, seorang yang menderita kritis dan saat ini di rawat di rumah sakit di Binjai," sebut, David.

  Dia menyebutkan, usaha dari kelompok penggarap untuk menguasai lahan perkebunan sudah berulang kali terjadi. Bahkan, para penggarap sebelumnya juga pernah mencoba masuk ke areal tanaman dan membakar bangsal tembakau yang berada di lahan berstatus hak guna usaha (HGU) PTPN 2. Soal penyerobotan lahan itu sebut, David berulang kali dilaporkan ke Poldasu.

 

"Sudah sangat banyak lahan HGU kita diduduki oleh mereka. Untuk di Desa Helvetia saja dari 1.200 hektar lahan, sekitar 50 persen tanah perkebunan dikuasai penggarap. Sekarang mereka sudah masuk ke bagian dalam untuk menguasai lahan di Desa Klumpang. Padahal, tanah tersebut juga berstatus sama dengan izin masa HGU sampai tahun 2028," ungkapnya.

Category: Berita Online | Views: 452 | Added by: fztm | Tags: Lahan Garapan, Panah Beracun, Satpam, PTPN2, Bentrok | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Only registered users can add comments.
[ Sign Up | Log In ]