Centre Point tak Akan Dialiri Listrik PLN - 7 December 2014 - Tutorial Berbagai Cara - Berita Online - Bisnis Online - Updated Daily New PTC Sites (Top,Trusted,Elite,Legit,)
Home » 2014 » December » 7 » Centre Point tak Akan Dialiri Listrik PLN
7:00 PM
Centre Point tak Akan Dialiri Listrik PLN

Selama Belum Ada IMB, Centre Point tak Akan Dialiri Listrik PLN



JAKARTA - PT PLN (Persero) tidak akan memberikan pasokan aliran listrik di kawasan Centre Point, Medan, selama bangunan tersebut belum mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) .

Hanya saja, langkah ini bisa dilakukan jika ada permohonan dari PT KAI sebagai pihak yang merasa dirugikan atas berdirinya Centre Point itu.

"Kalau ada permohonan, maka akan kita kaji (tidak akan memberikan listrik selama belum ada IMB-nya, red)," ujar Manajer Senior Komunikasi Korporat PT PLN Bambang Dwiyanto kepada koran ini di Jakarta, kemarin (7/12), saat ditanya kebijakan PLN terhadap Centre Point yang belum mengantongi IMB.

Diakui, selama ini PLN tidak mensyaratkan adanya IMB dalam proses pengajuan pemasangan listrik. Namun, jika ada yang meminta IMB dijadikan syarat, maka PLN akan memenuhinya.

"Seperti di DKI, tahun lalu gubernurnya minta agar PLN mensyaratkan adanya IMB, ya kita lakukan itu. Tahun lalu sudah kita lakukan di Jakarta," ujar dia.

Dijelaskan, secara prinsip PLN harus memberikan pelayanan permintaan aliran listrik oleh masyarakat. Jika ada masalah hukum terkait bangunannya, hal itu soal lain yang dianggap terpisah. 

Hanya ditegaskan lagi, jika memang ada permintaan dari pihak lain agar syarat IMB harus dicantumkan, PLN akan melaksanakannya setelah melewati kajian. Sekedar diketahui, kawasan Centre Point memang sudah terang benderang, namun bukan listrik dari PLN, melainkan dari genset. PLN belum memberikan pasokan listrik karena kondisi listrik wilayah Sumut masih defisit.

Terpisah, Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro siap mengirimkan surat permohonan ke PLN pusat agar listrik di Centre Point selama proses sengketa belum kelar. "Oke, kalau dengan surat itu bisa, saya akan segera kirim surat ke PLN Pusat," ujar Edi kepada koran ini kemarin.

Namun, lanjutnya, pada 2013 silam, saat masih menjabat sebagai direktur aset PT KAI, Edi mengatakan, dirinya sudah pernah meminta ke PLN agar Centre Point jangan dulu dialiri listrik. 

"Tahun 2013 saya menghadap langsung Kepala PLN wilayah Sumut. Saya minta jangan dialiri listrik dulu itu. Saya bawa rombongan waktu itu, sebagai sesama BUMN (PLN dan PT KAI sama-sama perusahaan plat merah, red)," ujar Edi menyesalkan.

Bahkan, lanjut Edi, dalam pertemuan itu, Kepala PLN Sumut juga memanggil Kepala PLN area Medan, meminta agar di Centre Point tidak dialiri listrik dulu karena masih sengketa. 

Diberitakan, Kadis Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) DKI I Putu Indiana mengatakan, pihaknya akan menggandeng PLN untuk mengatasi banyaknya bangunan liar tanpa IMB. 

Untuk bangunan tanpa IMB yang sedang dibangun, pemprov akan meminta PLN tidak memasok listrik. 

Category: Berita Online | Views: 499 | Added by: fztm | Tags: IMB, Centre Point, Listrik PLN | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Only registered users can add comments.
[ Sign Up | Log In ]