Gubsu Lantik Plt Bupati Karo - 8 December 2014 - Tutorial Berbagai Cara - Berita Online - Bisnis Online - Updated Daily New PTC Sites (Top,Trusted,Elite,Legit,)
Home » 2014 » December » 8 » Gubsu Lantik Plt Bupati Karo
11:47 PM
Gubsu Lantik Plt Bupati Karo

Hari Ini, Gubsu Lantik Plt Bupati Karo

 

MEDAN

Hari ini (Selasa, 9/12), Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho akan melantik Pelaksana Tugas Bupati Karo Terkelin Brahmana di Aula Martabe, Lantai II, Kantor Gubsu Jl. Diponegoro Medan. Terkelin dilantik sebagai bupati untuk sisa masa jabatan 2011-2016.

 

Hal itu dibenarkan Kepala Biro Otonomi Daerah (Otda) Setdaprovsu, Jimmy Pasaribu kepada wartawan, Senin(8/12). Menurutnya, undangan pelantikan sudah disebarkan, termasuk seluruh anggota DPRD Kabupaten Karo, unsur Forum Pimpinan Daerah (FPD) Karo dan FPD Provinsi Sumut. Selain itu turut diundang kepala daerah sekitar di antaranya, Bupati Deliserdang, Langkat, Simalungun, dan Bupati Pakpak Bharat serta Wali Kota Medan dan Binjai.

 

Lanjutnya, pelantikan Bupati Karo di Kantor Gubsu ini, bukan karena kepentingan politis, namun memang mengikuti aturan terbaru yakni, Perpres 167 Tahun 2014 tentang tata cara pelantikan gubernur, bupati dan walikota. Di Perpres tersebut juga ditegaskan, pelantikan bupati dan walikota dilaksanakan di ibu kota provinsi.

 

Bahkan, Jimmy menyebutkan, sejak keluarnya Perpres 167 Tahun 2014, pelantikan Bupati Karo yang pertama di Indonesia digelar di ibu kota provinsi. "Dengan aturan baru ini, maka nanti seluruh bupati dan walikota akan dilantik di ibukota provinsi," jelasnya.

 

Sebenarnya, sebut Jimmy lagi, Bupati Karo yang dilantik ini sudah lama keluar Surat Keputusan Mendagri yakni, SK 131.12-3843 Tahung 2014 tentang pengangkatan, pemberhentian Wakil Bupati Karo menjadi Bupati Karo tanggal 13 Oktober 2014. "Tidak lama keluar SK Mendagri itu, kita sudah menjadwalkan pelantikan. Bahkan sudah ditentukan harinya. Namun karena ada persoalan politis di sana, sehari sebelumnya, pelantikan dibatalkan. Waktu itu, belum keluar Perpres 167 Tahun 2014. "Sekarang setelah terbit Perpres 167 tahun 2014, maka pelantikan digelar di ibukota provinsi," paparnya.

 

Mengenai biaya pelantikan, sebut Jimmy, akan ditanggulangi dalam anggaran Pemprovsu. Walau APBD 2015 sudah ditetapkan, namun masih ada kemungkinan diusulkan ke Mendagri untuk memasukkan anggaran pelantikan bupati dan walikota di Sumut. "Kalaupun tidak bisa masuk dalam APBD tahun 2015 nanti, kita usulkan dalam APBD Perubahan. Termasuk nanti pelantikan penjabat bupati/walikota menunggu penyelenggaraan pemilu kepala daerah serentak tahun 2015," urainya.

 

Menurut catatan, lanjutnya, bakal ada 14 kabupaten/kota tahun 2015 akan berakhir masa jabatan kepala daerahnya. Jadi saat ini pihaknya menunggu kepastian pilkada serentak tersebut, di mana akan ditunjuk penjabat bupati/walikota.

 

"Gubsu nanti yang menetapkan siapa plt bupati/walikota. Calon yang jelas dari eselon dua minimal golongan empat. Kita punya cukup pejabat eselon dua," pungkasnya.

Category: Berita Online | Views: 460 | Added by: fztm | Tags: Gubsu, Bupati Karo | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Only registered users can add comments.
[ Sign Up | Log In ]