Harga LPG di Pasaran - 19 January 2015 - Tutorial Berbagai Cara - Berita Online - Bisnis Online - Updated Daily New PTC Sites (Top,Trusted,Elite,Legit,)
Home » 2015 » January » 19 » Harga LPG di Pasaran
10:09 PM
Harga LPG di Pasaran

Harga LPG di Pasaran Beragam

 

 

MEDAN

Pasca diturunkannya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dan harga LPG 12 kilogram (kg), Senin (18/1) kemarin, harga gas LPG dipasaran dijual dengan harga beragam, tidak hanya lebih tinggi dari ketentuan harga baru yakni Rp129.000 per tabung, tetapi ada juga yang menjualnya di bawah harga baru tersebut.

 

Harga LPG 12 kg di tingkat pengecer dijual mulai Rp120 ribu per tabang hingga Rp135 ribu per tabung, pedagang mengaku harga pengambilan dari agen juga berbeda-beda.

 

"Harga yang saya jual Rp120 ribu per tabung, saya ambil di agen memang rendah. Ini sudah saya jual sudah sejak beberapa pekan terakhir," kata pedagang LPG di Glugur, Ika.

 

Hal senada juga dikatakan pedagang eceran lainnya Lala Nasution. Dia juga menjual dengan harga Rp120 ribu per tabung. Dia mengaku harga itu dibrandolnya sebelum pemerintah mengumumkan harga terbaru sebesar Rp129.000 per tabung. "Saya sudah jual harga segitu sebelum ada ketetapan harga baru. Sampai sekarang belum saya ubah harga jual saya," ucapnya.

 

Sementara berbanding terbalik, salah seorang pengecer di kawasan Medan-Johor, Aji mengaku dia menjual masih menggunakan harga lama yakni Rp145.000 per tabung hingga tingkat konsumen. Dia mengaku masih menggunakan stok lama menjual ke masyarakat.

 

"Ya saya masih pakai stok lama dengan harga lama jadi belum ada merubah harga. Sampai sekarang belum ada melakukan penambahan karena sampai sekarang juga masih sulit laku," ujarnya.

 

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Bidang Elpiji Himpunan Wiraswasta Nasional (Hiswana) Minyak dan Gas (Migas) Sumut, Mahmuzar Dharma mengatakan, sejak penetapan harga turun menjadi Rp129.000 per tabung, harga tebus dari pertamina ke agen menjadi Rp124.000 per tabung dan di tingkat pangkalan jadi Rp129.000 per tabung dan sampai ke masyarakat dengan harga Rp135.000 per tabung. "Jadi kalau ada yang jual bisa jauh lebih murah dari ketentuan pertamina tentu patut dipertanyakan. Bisa saja itu oplosan. Ini harus diwaspadai masyarakat," katanya.

 

Sampai sekarang diakuinya pedagang masih enggan menebus ke pertamina karena penjualan sepi. Masyarakat pada umumnya lebih memilih beralih ke 3 kg meskipun harga elpiji 12 kg sudah diturunkan. "Sekarang pedagang pada umumnya masih menghabiskan stok yang ada karena kalau jual dengan harga sekarang tentu rugi," katanya.

 

Sementara itu,  Eksternal Relation PT Pertamina Marketing Operation (MOR) I, Brasto Galih Nugroho saat ditanyai soal perbedaan harga di pengecer, ia hanya menjawab, bila harga sebelumnya memang berkisar di angka Rp 120 ribuan untuk sub-agen. "Kalau ada yang lebih murah berarti tidak masalahkan. Kalau yang baru-baru ini kan dari Rp 133 ribu di tingkat agen ke Rp 128 ribu di tingkat agen. Kemudian, sebelum naik ke Rp 134 ribu di tingkat agen dan sekarang jadi Rp 129 ribu di tingkat agen, ini rata-rata harga nasional," 

Category: Berita Online | Views: 450 | Added by: fztm | Tags: pasaran, harga, lpg | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Only registered users can add comments.
[ Sign Up | Log In ]