Jenazah Sitor Situmorang Tiba di KNIA - 4 January 2015 - Tutorial Berbagai Cara - Berita Online - Bisnis Online - Updated Daily New PTC Sites (Top,Trusted,Elite,Legit,)
Home » 2015 » January » 4 » Jenazah Sitor Situmorang Tiba di KNIA
9:49 PM
Jenazah Sitor Situmorang Tiba di KNIA

Jenazah Sitor Situmorang Tiba di KNIA Disambut Kalangan Sastrawan Sumut

 

KUALANAMU- Pesawat Garuda Indonesia (GA 196) rute penerbangan CGK-KNO yang membawa jenazah Sitor Situmorang telah ditunggu kedatangannya oleh R E Nainggolan, Anggota DPD RI Parlindungan Purba, kalangan sastrawan Sumut bersama Gubernur Gatot Pujo Nugroho di Terminal Cargo Kualanamu International Airport (KNIA). Dengan mendirikan tenda, terlihat sejak pukul 20.20 WIB seorang penyair sudah membacakan karya-karya milik Sitor Situmorang.

 

Bahkan, tamu yang lain juga diberikan kesempatan maju ke depan untuk membacakan karya-karya milik Sitor Situmorang. Tampak hadir menunggu jenazah penyair kawakan yang menghembuskan nafas terakhirnya di umur 91 tahun itu seperti R E Nainggolan, Anggota DPD RI Parlindungan Purba menanti kedatangan jenazah tersebut.

 

Jenazah Sitor Situmorang akhirnya tiba pukul 23.10 WIB. R E Nainggolan mengatakan, almarhum ini sangat mencintai Provinsi Sumut. Bahkan, ide-ide hasil karya sastranya juga diadopsi dari salah satu tempat pariwisata yang berada di Sumut. Seperti Keindahan Danau Toba dan sejarah perjuangan Sisimangaraja.

 

"Beliau pernah berpesan ketika meninggal dunia, agar untuk dimakamkan di kampung halamannya. Begitu bentuk kecintaannya terhadap Sumut ini," imbuhnya.

 

Penyair Sitor Situmorang yang meninggal di Belanda pada 21 Desember 2014 itu merupakan Sastrawan angkatan 1945. Usai penyambutan, penyair yang lahir di Tapanuli Utara itu diberangkatkan ke desa kelahirannya.

 

Penyair yang juga pernah menjadi tahanan politik pada 1957-1974 jaman pemerintahan Orde Baru ini akan dimakamkan di 1 Januari 2015. Kepergian Sitor Situmorang ini banyak meninggalkan karya sastranya.

 

Gatot Pujo Nugroho yang hadir dalam acara penyambutan itu mengatakan, seluruh karya almarhum selalu menyanandung kerinduan pada bona pasogit. Tak ketinggalan, Gubsu yang mengatasnamakan pemerintah dan masyarakat Sumut mengucapkan duka cita sedalam-dalamnya untuk keluarga besar yang ditinggalkan. Saat penyambutan, Gatot diberi kesempatan untuk membacakan puisi atau sajak karya Sitor Situmorang berjudul Membalas Surat Bapak.

 

"Jasad boleh pergi, jiwa boleh mati tetapi karya terus akan abadi menginspirasi kita yang ditinggalkannya," ujarnya.

 

Gatot juga mengatakan rasa duka dan kebanggaannya terhadap Sitor Situmorang. Menurutnya, salah satu putra Samosir ini mampu memberikan karya-karya terbaiknya hingga luar negeri.

 

Berharap Gatot, karya-karya milik Sitor Situmorang mampu menjadi inspirasi masyarakat Sumut dalam menghasilkan karyanya.  "Tidak hanya dalam bidang sastra, tapi Sitor-Sitor yang menginspirasi dan mempelopori dalam seluruh sisi kehidupan kita," ungkapnya.

 

Hadir dalam penyambutan jenazah penyair kawakan tersebut antara lain, Pangdam I/BB Mayjen TNI Winston P Simanjuntak, Pangkosek Hanudnas III Medan Marsekal Pertama TNI Supriharsanto, Danlantama I Belawan Laksma Pulungan Prambudi, Wakapolda Sumut Brigjend Pol Basaruddin, KaBINda Sumut Brigjen TNI Tumino Hadi, Danlanud Soewondo Kolonel Pnb S. Chandra Siahaan.

Category: Berita Online | Views: 369 | Added by: fztm | Tags: KNIA, Sastrawan Sumut, Sitor Situmorang, Jenazah | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Only registered users can add comments.
[ Sign Up | Log In ]