Kasmin Simanjuntak Absen Dalam Persidangan - 4 December 2014 - Tutorial Berbagai Cara - Berita Online - Bisnis Online - Updated Daily New PTC Sites (Top,Trusted,Elite,Legit,)
Home » 2014 » December » 4 » Kasmin Simanjuntak Absen Dalam Persidangan
9:46 PM
Kasmin Simanjuntak Absen Dalam Persidangan

Kasmin Simanjuntak Kembali Absen Dalam Persidangan

Hakim Intruksikan Dokter Bintatar Hutabarat Diperiksa



MEDAN
Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Medan, kembali geram atas ketidakhadirnya Bupati Toba Samosir (Tobasa) Pandapotan Kasmin Simanjuntak dan Mantan GM PT.PLN Pikitring Suar, Bintatar Hutabarat sebagai saksi dalam persidangan Kasus korupsi PLTA Asahan III, Kamis (4/12) siang. Kedua saksi itu, sudah tercatat sebanyak enam kali absen dalam sidang tersebut.

"Sampai saat ini kita tunggu untuk saksi-saksi tersebut. Semua terbuka, tidak ada kita berpihak. Bintatar juga, ini surat sakitnya kita terima. Namun, jika nanti surat ini bohong, dokternya bisa dihukum dan dokter ini juga harus di hadirkan pada sidang berikutnya," ungkap ketua Majelis hakim, Parlindungan Sinaga, di Ruang Cakra VII Pengadilan Negeri Medan, Kemarin.

Dia menambahkan, tidak menyatakan surat yang diterima itu bohong atau hanya alasan Bintatar Hutabarat untuk tidak hadir dalam sidang ini. Namun harus dibuktikan bahwa surat ini benar. Tapi, membuktikan harus menghadirkan dokter yang mengeluarkan surat pemberitahuan bahwa, Mantan Caleg DPR-RI dari Partai PDI-P sedang sakit sehingga tidak bisa menghadirkan sidang tersebut.

"Harus dipertanggungjawabkan ini, dokter ini juga harus di hadirkan pada sidang berikutnya," ucap Majelis hakim dengan tegas kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) Praden Simanjuntak didalam ruang sidang.

Disamping itu, Berbagai alasan disampaikan oleh Bupati Toba Samosir (Tobasa) Pandapotan Kasmin Simanjuntak untuk tidak menghadari sidang kasus Korupsi PLTA Asahan III ini.

Alasan itu, disampaikan dalam sebuah surat resmi yang dikeluarkan Sekretariat Daerah (Sekda) Pemkab Tobasa yang ditanda tangani Sekda Pemkab Tobasa Drs.Audi Mupphy O Sitorus. Di mana, dalam surat tersebut bahwa Kasmin Simanjuntak sedang menghadari Rapat koordinasi Supervisi atas pengelolaan pertambangan mineral dan batubara di Goodway Hotel and Resort di Jalan Nusa Dua Bali yang diselenggarakan oleh kementerian Energi dan Sumber daya mineral (ESDM) RI.

"Dalam kegiatan ini dimaksud kehadiran Bupati Toba Samosir Kasmin Simanjutak tidak dapat diwakilkan sehingga secara terlampir Pemkab Tobasa memberikan pemberitahuan tidak hadirnya bersangkutan dalam sidang ini. Karena itu acaranya ESDM yang membuka acara itu, langsung pimpinan KPK jadi tidak bisa diwakili harus dihadiri pak Bupati langsung, " ucap Praden dihadapan majelis hakim.

Untuk diketahui, Kasmin Simanjuntak dan Bintatar Hutabarat dihadirkan dalam persidangan sebagai saksi untuk terdakwa Camat Meranti, Tumpal Hasibuan, serta Kepala Desa (Kades) Meranti Utara, Kabupaten Toba Samosir, Marole Siagian. Dalam kasus ini, negara telah dirugikan Rp 6,9 miliar dalam pembebasan lahan tersebut.

Menyikapi hal itu, Majelis hakim mempertanyakan kepada JPU, kapan Politisi Partai Demokrat itu bisa dihadirkan kembali dalam persidangan tersebut. Edward mengatakan pada pekan depan dipastikan akan hadir pria bertubuh tambun menggenakan kacamata itu.

"Tanggal 8 Desember 2014, bersangkutan dipastikan akan hadir dalam persidangan ini. Karena pak Bupati pada tanggal itu, agendanya kosong," sebut Edward.

Dengan penjelasan itu, Majelis hakim menunda persidangan tersebut dan akan kembali digelar sidang pada pekan, Senin (8/12) mendatang."Sidang kita tunda," tandas Hakim sembari mengetuk palu.

Untuk diketahui, dalam persidangan sebelumnya. Terkuak fakta, bahwa PT.PLN (Persero) Pikitring Suar mentransfer uang senilai Rp.2 miliar ke rekening Kasmin Simanjuntak, untuk pembebasan lahan tersebut. Dalam perkara ini, lahan yang dibebaskan untuk pembangunan akses jalan. Namun, jalan tersebut dinyatakan berada diatas kawasan hutan lindung register 44. Selanjutnya, berdasarkan penghitungan BPKP Sumut, negara telah dirugikan Rp 6,9 miliar dalam pembebasan lahan ini.

Category: Berita Online | Views: 444 | Added by: fztm | Tags: Kasmin Simanjuntak, Persidangan, Hakim | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Only registered users can add comments.
[ Sign Up | Log In ]