Kejatisu Geledah Kantor Pertamina - 19 January 2015 - Tutorial Berbagai Cara - Berita Online - Bisnis Online - Updated Daily New PTC Sites (Top,Trusted,Elite,Legit,)
Home » 2015 » January » 19 » Kejatisu Geledah Kantor Pertamina
10:07 PM
Kejatisu Geledah Kantor Pertamina

Kejatisu Geledah Kantor PT Pertamina

 

MEDAN

Untuk mencari barang bukti baru, tim penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) melakukan penggeledahan kantor Koperasi Karyawan (Kopkar) PT Pertamina Marketing Operation Region I Sumatera di Jalan Putri Hijau, Medan, Senin (19/1).

Penggeledahan dilakukan terkait kasus kasus dugaan korupsi kredit fiktif koperasi karyawan (Kopkar) PT Pertamina pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Agro Jalan S Parman Medan.

 

Pantauan Wartawan di lokasi, Kejatisu menurunkan sedikitnya 6 orang berseragam menggenakan rompi jaksa masuk kesejumlah ruangan kerja di kantor Kopkar Pertamina. Empat di antaranya mengenakan rompi bertuliskan "Satuan Khusus Pemberantasan Korupsi".

 

Para jaksa terpantau memeriksa berkas-berkas yang ada terkait kasus korupsi tersebu di kantor Kopkar Pertamina untuk sebagai barang bukti baru guna proses penyeledikan pihak Kejatisu.

 

"Penggeledahan dilakukan untuk kepentingan penyidikan dalam rangka pengungkapan tindakan korupsi dalam pemberian kredit kepada karyawan PT Pertamina melalui Koperasi Karyawan. Modusnya mengajukan fasilitas kredit dari BRI Agro," kata Novan Hadian, Kepala Seksi Penyidikan Pidana Khusus Kejati Sumut, usai melakukan pengeledahan, kemarin petang.

 

Novan menyebutkan penggeledahan terpaksa dilakukan karena pihak Kopkar Pertamina tidak kooperatif dalam penyidikan terkait pengumpulan barang bukti berupa dokumen."Mereka disebutkan tidak memberikan data-data yang diminta penyidik," jelasnya.

 

Dari penggeledahan ini, Novan mengklaim tim penyidik telah menemukan sejumlah item signifikan dan penting untuk pembuktian. Di antara yang bisa mereka dapati yaitu daftar keanggotaan dan AD/ART koperasi.

 

"Bila ada bukti yang diperlukan lagi, tidak tutup kemungkinan kita akan melakukan penggeladahan kembali," tuturnya.

 

Novan menambahkan, penyidik tengah mengembangkan kasus ini. "Karena Kopkar ini diduga juga mengajukan fasilitas kredit ke bank lain," pungkasnya.

 

Dari penggeledahan tersebut, tim penyidik Kejatisu menyita berkas sebanyak satu koper yang berisikan dokumen dari dalam ruangan kantor Kopkar PT Pertamina UPMS-1 Medan, di Jalan Yos Sudarso.

 

"Penggeledahan dan penyitaan dilakukan untuk dijadikan alat bukti dalam persidangan nantinya,"ucap kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejatisu, Chandra Purnama.

 

Chandra juga menegaskan, penggeledahan dilakukan atas perintah dari pimpinan sesuai hasil penyidikan sebelumnya dan tentunya hasil dari penyitaan tersebut akan dijadikan bahan guna menguatkan pembuktian di persidangan nantinya.

 

"Karena dalam satu koper yang berisikan dokumen tersebut sangat berkaitan dengan hasil penyidikan dan dapat memperkuat alat bukti perbuatan tindak pidana korupsi terhadap para tersangka dalam hal ini," tandasnya.

 

Diberitakan sebelumnya, penyidik telah menetapkan tiga tersangka dalam kasus dugaan korupsi ini. Ketiga tersangka yaitu Ketua Koperasi Karyawan Pertamina UPMS-1 Medan, Khaidar Aswan (51), Kepala Cabang Pembantu (KCP) BRI Agro S Parman, Sri Muliani (49), dan Account Officer (AO) BRI Agro S Parman, Bambang Wirawan (43).

 

Dalam kasus ini, para tersangka tidak dapat mempertanggungjawabkan kredit dari Bank BRI Agro sehingga merugikan negara sebesar Rp 8,6 miliar.

 

Para tersangka diduga memproses kredit fiktif dengan memalsukan dokumen dan legalitas individu atas beberapa debitur, seperti KTP. Slip gaji juga tidak disahkan pejabat yang berwenang di Pertamina dan hanya dibubuhkan stempel koperasi karyawan.

 

Pihak dari Bank BRI Agro diduga telah melakukan manipulasi dalam proses pembukaan tabungan, pembuatan slip penarikan, dan tidak ada verifikasi terhadap keabsahan data-data nasabah, dan persetujuan pengambilan dana secara tunai AO KCP BRI Agro.

Category: Berita Online | Views: 482 | Added by: fztm | Tags: Geledah Kantor PT Pertamina, Kejatisu | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Only registered users can add comments.
[ Sign Up | Log In ]