Ketua Komisi A Usir Wartawan - 9 January 2015 - Tutorial Berbagai Cara - Berita Online - Bisnis Online - Updated Daily New PTC Sites (Top,Trusted,Elite,Legit,)
Home » 2015 » January » 9 » Ketua Komisi A Usir Wartawan
7:10 PM
Ketua Komisi A Usir Wartawan

Ketua Komisi A Usir Wartawan Dari Gedung Rakyat

 

 MEDAN- Baru berjalan hampir empat bulan sejak dilantik sebagai anggota dewan, ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara (Sumut) Toni Togatorop bertindak arogan. Wartawan dilarang meliput rapat dengar pendapat (RDP).

 

 Larangan kepada wartawan tersebut terjadi saat kegiatan RDP Komisi A dengan Komisi Nasional Hak Azasi Manusia (Komnas HAM), Jumat (9/1) di ruang rapat. Diduga Toni merasa tidak terima karena diberitakan memimpin rapat sambil merokok.

 

 Padahal dalam setiap kegiatan rapat terbuka yang berlangsung di gedung wakil rakyat tersebut, selalu bisa diliput oleh wartawan. Tidak terkecuali saat itu, sejumlah awak media pun masuk ke ruang rapat komisi.

 

 Namun saat rapat baru dimulai seperti biasanya, seorang staf Komisi A, Petty Simanjuntak, mendatangi wartawan bernama Irwan dan memintanya untuk keluar ruangan rapat.

 

 Petty pun menunjukkan kliping surat kabar yang berisi foto dan berita tentang Ketua Komisi A Toni Togatorop dari fraksi Partai Hanura, merokok saat sedang memimpin RDP dengan PT Toba Pulp Lestari (TPL) sehari sebelumnya. Dalam kliping surat kabar tersebut, tertera disposisi agar tidak memperbolehkan wartawan meliput kegiatan rapat dimaksud.

 

 Merasa heran, Irwan bersama wartawan lainnya mengaku berusaha mempertanyakan apa alasan pihak Komisi A melarang awak media meliput kegiatan tersebut. Tetapi staf Komisi A tetap melarang dengan dalih perintah Ketua Komisi A.

 

 "Maaf, kami dapat disposisi, wartawan tidak boleh meliput," kata Petty.

 

 Sejumlah anggota Komisi juga merasa terkejut dengan sikap arogan Toni. Hal ini mengesankan seolah yang bersangkutan punya kuasa penih di lembaga itu, sehingga dapat melakukan apapun. Begitu juga melarang wartawan hanya karena dikritik sikapnya dan prilakunya. Termasuk penilaian adanya perasaan euforia karena baru pertama kali terpilih menjadi anggota dewan.

 

 Anggota Komisi A Burhanuddin Siregar mengaku terkejut dengan kejadian tersebut. Menurutnya tidak mungkin ada pelarangan wartawan untuk meliput kegiatan RDP di Komisi.

 

 "Wartawan perlu untuk meliput kegiatan kami. Saya akan bicarakan hal ini komisi," katanya.

 

 Terpisah, Ketua Fraksi Partai Hanura Aduhot Simamora, juga mengaku terkejut mendengar anggotanya di DPRD melarang wartawan meliput kegiatan RDP. Dia mengaku akan segera membicarakan persoalan ini kepada Ketua DPD Partai Hanura Sumut.

 

 "Sebaiknya kita ganti sajalah dia. Mana boleh seperti itu. Lagian, kan memang tidak dibolehkan memimpin rapat sambil merokok," ujarnya.

Category: Berita Online | Views: 379 | Added by: fztm | Tags: Gedung Rakyat, Ketua Komisi A Usir Wartawan | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Only registered users can add comments.
[ Sign Up | Log In ]