Mahasiswa Dihadang dan Dipukuli Preman - 2 December 2014 - Tutorial Berbagai Cara - Berita Online - Bisnis Online - Updated Daily New PTC Sites (Top,Trusted,Elite,Legit,)
Home » 2014 » December » 2 » Mahasiswa Dihadang dan Dipukuli Preman
7:17 PM
Mahasiswa Dihadang dan Dipukuli Preman

Puluhan Mahasiswa Demo Wali Kota

Sejumlah Mahasiswa Dihadang dan Dipukuli Preman

 

MEDAN

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Anti penindasan dan Peduli Aset Kota  kembali mendesak  sikap Wali Kota Medan atas penyerobotan aset Pemko dan tanah warga yang dilakukan oleh Sulaiman Chow dan Rudi Chow serta yang lainnya.

Sebab dengan penguasaan lahan yang dilakukan itu, pemilik lahan di Jalan Asrama, Lingkungan VI, Kelurahan Dwikora, Kecamatan Medan Helvetia tidak dapat mengusai kembali." Kami minta Wali Kota Medan harus melihat kondisi di lapangan sebenanya yang sudah dikuasai oleh Bursa Property," papar Kordinator Aksi Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Anti penindasan dan Peduli Aset Kota Medan Melfan Tanjung, usai melakukan unjuk rasa di Kantor Walikota Medan, Selasa (2/1).

 

Kata dia, hakikat tujuan pembangunan kota adalah mewujudkan masyarakat adil dan makmur, materiil dan spiritual  berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Tahun 1945.

 

Jadi, tambah Melfan, upaya untuk  mewujudkannya adalah melalui pembangunan dan mepertahankan aset kota. Pembangunan di bidang hukum dalam negara hukum Indonesia didasarkan pada sumber tertib hukum seperti terkandung dalam Pancasila dan Undang-Undang Dasar Tahun1945.

 

Yang seharusnya, imbuhnya,  bisa menjaga dan mempertahankan aset Kota Medan malah memperjual belikan aset Kota Medan hanya untuk kepentingan segelintir orang.

 

Seperti yang terjadi dalam penyerobotan tanah milik Pemko Medan yang secara terang terangan di ambil alih oleh salah satu perusahaan pengembang property Sulaiman Chow (Bursa Property) di Jalan Asrama, Lingkungan VI, Kelurahan Dwikora, Kecamatan Medan Helvetia.

 

Namun Pemko Medan malah berdiam diri, "Kami menduga ada oknum pemerintah Kota Medan yang juga ikut bermain dalam peyalahgunaan aset milik Pemko tersebut," ujarnya.

 

Sebelumnya, aksi mahasiswa di Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan ( TRTB) Kota Medan mendapatkan penghadangan oleh preman dan beberapa mahasiswa juga dipukuli."Kami akan tuntut preman yang melakukan pemukulan kepada mahasiswa ke Polresta Medan," ucap Melfan.

 

Kata dia, preman sudah mengusai kantor TRTB Kota Medan."Sudah gak bagus lagi pelayanan di TRTB. Preman yang mengatur segalanya," tuturnya.

 

Sedangkan dari Pemko Medan diwakili oleh Staf Bagian Pemeliharaan Aset Pemko Medan Agus Suryono Mengatakan, secepatnya dipertanyakan dan disurati Dinas TRTB Kota Medan untuk menyelesaikan kasus adanya tanah aset Pemko yang diserobot oleh pengembang De Cassa Vila di Jalan Asrama.  Agus pun yang menelepon Camata Medan Helvetia juga mengakui, aset Pemko telah diambil sebagian di Jalan Asrama."Ini gak main-main TRTB harus menyelesaikan kasus secepatnya untuk membongkar pembangunan yang ada di Jalan Asrama Medan," bebernya.

 

Sementara itu, kuasa hukum pemilik tanah, Taufik Siregar SH MHum, mengatakan, Tindakan penyerobotan tanah secara tidak sah merupakan perbuatan yang melawan hukum, yang dapat digolongkan sebagai suatu tindak pidana. Sebab, tanah merupakan salah satu aset yang sangat berharga. Penyerobotan adalah perbuatan mengambil hak atau harta dengan sewenang-wenang dengan tidak mengindahkan hukum dan aturan, seperti menempati tanah orang lain yang bukan merupakan haknya, pendudukan secara fisik, penggarapan diatas tanah tersebut dan penjualan suatu hak atas tanah. Kesemuaanya itu telah terjadi pada kasus dugaan penyerobotan tanah milik Pemko dan milik masyarakat di depan Perumahan De Cassa Villa milik Bursa Property.

 

"Dalam Pasal 2 Undang-Undang nomor 51 PRP tahun 1960 tentang Larangan Pemakaian Tanah Tanpa Izin Yang Berhak atau Kuasanya, menyetakan bahwa pemakaian tanah tanpa izin dari yang berhak maupun kuasanya yang sah adalah perbuatan yag dilarang, dan dapat diancam dengan hukuman pidana kurungan selama lamanya 3 bulan,"sebutnya.

Category: Berita Online | Views: 425 | Added by: fztm | Tags: Mahasiswa Dihadang dan Dipukuli Pre, Mahasiswa Demo Wali Kota | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Only registered users can add comments.
[ Sign Up | Log In ]