Nelayan Belawan Makin Menderita - 24 November 2014 - Tutorial Berbagai Cara - Berita Online - Bisnis Online - Updated Daily New PTC Sites (Top,Trusted,Elite,Legit,)
Home » 2014 » November » 24 » Nelayan Belawan Makin Menderita
2:22 PM
Nelayan Belawan Makin Menderita

Ikan Laut Langka, Harga BBM Naik

Nelayan Belawan Makin Menderita

 

MEDAN

Cuaca yang tidak menentu saat ini, membuat tangkapan ikan laut semakin langka. Pendapatan yang tak menentu membuat para nelayan tertekan, apalagi ditambah dengan kenaikan harga Bahan Bakar minyak (BBM).

Seorang nelayan di Belawan, Wili kepada wartawan, kemarin mengatakan, meskipun saat ini dampak besar naiknya harga BBM itu belum dapat dirasakannya secara langsung, tetapi untuk aktifitas melaut, dirasakan sudah mulai mulai terkendala.

"Pastinya berpengaruh, soalnya biaya yang harus dikeluarkan untuk melaut menjadi lebih besar. Sementara pendapatan yang diperoleh justru tidak menentu,"katanya.

Wili menyebutkan, hal itu semakin diperparah, dengan minimnya hasil tangkapan yang dapat diperoleh oleh nelayan belakangan waktu ini. Tingginya, gelombang ombak di laut telah menyulitkan mereka untuk mendeteksi dimana keberadaan lokasi ikan.

Alhasil, jumlah ikan yang dapat diperoleh pun semakin berkurang dari jumlah normalnya. Padahal, jumlah BBM yang harus dikeluarkan untuk satu kapal dalam satu kali melaut (3-4 hari) mencapai sekitar 1 ton banyaknya. Sehingga, cost yang telah dikeluarkan dengan pendapatan menjadi tidak sebanding.

"Kalau jumlah tangkapan banyak dan harganya bagus, berapapun kenaikan harga BBM bukan persoalan bagi nelayan. Tetapi kalau sebaliknya, hasil tangkapan sedikit, naiknya BBM itu memang sangat menjepit kehidupan kita," keluhnya.

Wili juga menambahkan bahwa sebenarnya dampak kenaikan harga BBM yang paling dirasakan oleh nelayan itu adalah dengan melonjaknya harga-harga kebutuhan pokok untuk kebutuhan sehari-hari sebagai efek domino kenaikan harga BBM. Soal cost produksi, ia mengaku masih bisa mentolelirnya asalkan hasil tangkapan berlimpah.

"Di situ yang paling memberatkan, semua mahal akibat kenaikan BBM ini. Kalau biaya melaut memang masih bisa kita maklumi, tapi kalau kebutuhan pokok memang sangat memberatkan," pungkasnya.

Sementara itu, Ian nelayan lainnya dilokasi tersebut menyebutkan, akibat naiknya harga BBM kemarin, telah menyebabkan sulitnya memperoleh bahan bakar untuk kapal. Sehingga tak sedikit jumlah kapal yang harus bersandar di dermaga karena tak bisa melaut karena tak tersedianya solar.?

“Sudah 3 hari kami tidak melaut, sejak 1 hari bbm belum dinaikkan. Baru hari ini lah bisa turun kembali (melaut), setelah jatah bahan bakar sudah diperoleh," sebutnya.

Ian menjelaskan, meskipun solar untuk kapal nelayan sedang langka, tetapi hal itu tidak serta merta melumpuhkan aktifitas nelayan. Meskipun tidak seluruhnya, transaksi hasil laut oleh nelayan dipastikan tetap berlangsung. "Tetap normal. Paling bagi yang tidak dapat jatah bahan bakar harus menunggu dululah sampai memperolehnya," katanya.(bbs)

Category: Berita Online | Views: 398 | Added by: fztm | Tags: harga BBM naik, Nelayan menderita, Ikan langka | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Only registered users can add comments.
[ Sign Up | Log In ]