Penistaan Agama - 8 January 2015 - Tutorial Berbagai Cara - Berita Online - Bisnis Online - Updated Daily New PTC Sites (Top,Trusted,Elite,Legit,)
Home » 2015 » January » 8 » Penistaan Agama
7:04 PM
Penistaan Agama

Sidang Penistaan Agama

Puluhan Bodyguard Kawal Syekh Arifin

 

MEDAN

Ada yang lain dalam Sidang kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa Syekh Muda Ahmad Arifin di Pengadilan Negeri (PN), Kamis (8/1) siang. Terlihat puluhan bodyguard ikut mengawal sidang untuk mengamankan dan mengawal terdakwa selama sidang berlangsung.

 

Dari pantauan Wartawan di gedung PN Medan, puluhan bodyguard dengan memakai kaos lengan panjang warna hitam bertuliskan pencak silat, ikut menjaga keamanan sidang baik didalam ruang utama PN Medan maupun diluar ruang sidang.

 

Tujuan puluhan bodyguard itu, hadir pada sidang untuk mengamankan dan menghalau serangan anarkis dari massa yang kontra terhadap terdakwa. Yang kerap terjadi dan berakhir dengan kericuhan. Bodyguard ini, emang disiapkan dari pihak terdakwa sendiri.

 

Sementara itu, sidang dengan agenda pemeriksaan saksi ini ditunda. Pasalnya, dua orang saksi yang harusnya diperiksa tidak hadir. Kedua saksi tersebut merupakan ahli, yakni Syamsuddin Kalem, ahli hukum Pidana dari Universitas Sumatera Utara (USU), dan Musadat, ahli hukum islam dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sumut.

 

"Kedua saksi ini sudah kita panggil majelis, namun mereka berhalangan untuk hadir hari ini (kemarin). Saksi Syamsuddin Kalem tidak hadir karena ada tugas di Jakarta, sementara saksi Musadat sedang ada tugas pengujian mahasiswa di IAIN Sumut yang tidak bisa ditinggalkan," kata Kaslin Sinaga, Jaksa Penuntut Umum (JPU), dihadapan majelis hakim yang diketuai Zulfahmi di ruang utama Pengadilan Negeri (PN) Medan, kemarin.

 

Karena tidak hadir, kata Kaslin, pihaknya akan kembali memanggil kedua saksi ahli tersebut pada sidang berikutnya. JPU dari Kejati Sumut ini pun menjanjikan akan menghadirkan kedua ahli itu dalam sidang pekan depan.

 

Menanggapi pernyataan jaksa ini, hakim pun meminta agar JPU serius untuk menghadirkan kedua saksi ahli itu. Sebab, ini merupakan yang kedua kalinya sidang ditunda karena saksi ahli itu tidak hadir. "Sidang berikutnya sudah harus hadir ya," kata hakim kepada jaksa.

 

Sementara itu, Idris Wasahua, Kuasa Hukum terdakwa Syekh Arifin meminta agar jaksa kembali menghadirkan saksi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut. Karena, sebelumnya tidak diperiksa di persidangan. Menurut Idris, sangat perlu untuk menghadirkan saksi dari MUI itu, karena majelis tersebutlah yang mengeluarkan fatwa bahwa ajaran Syekh Arifin adalah sesat.

 

"Majelis, karena saksi ahli ini sudah dua kali berturut-turut tidak hadir, kami pun meminta agar jaksa kembali menghadirkan saksi dari MUI Sumut. Ini untuk menemukan fakta yang sebenarnya dalam perkara ini, sebab MUI sendiri yang mengeluarkan fatwa sesat dan juga memeriksa terdakwa," kata kuasa hukum terdakwa ini.

 

Permintaan kuasa hukum terdakwa ini langsung ditolak jaksa. Sebab, menurut JPU Kaslin, saksi dari MUI sebelumnya sudah pernah dihadirkan di persidangan dan sudah disepakati tidak ada saksi dari MUI lagi.

 

"Kami keberatan, yang mulia. Karena sudah ada kesepakatan sebelumnya bahwa tidak perlu dihadirkan lagi (saksi MUI Sumut) karena sudah ada dari MUI (Pusat) sebelumnya. Dan kalau harus dihadirkan lagi, itu sudah tidak sesuai lagi dengan acara pemeriksaan saksi," kata jaksa.

 

Usai mendengarkan keterangan dari jaksa dan kuasa hukum terdakwa, majelis hakim kemudian menunda sidang tersebut hingga Kamis (15/1) mendatang.

 

Begitu sidang ditutup, tampak puluhan bodyguard langsung maju ke depan untuk mengawal Syekh Ahmad Arifin. Berseragam hitam-hitam, terdakwa langsung dikawal ke luar ruang sidang.

 

"Amankan, amankan, kawal terus," kata salah seorang bodyguard sambil mengawal berjalan ke luar ruang sidang.

 

Pengawalan berlebihan itu, sempat menjadi pusat perhatian masyarakat yang berada di gedung PN Medan. Sedangkan, pada sidang itu tampak juga puluhan personil kepolisian dari Polsekta Medan dan Sat Sabhara Polresta Medan melakukan pengaman dan penjaga didalam maupun diluar ruang sidang.

Category: Berita Online | Views: 451 | Added by: fztm | Tags: Kawal Syekh Arifin, agama, sidang, Puluhan Bodyguard, Penistaan | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Only registered users can add comments.
[ Sign Up | Log In ]