Penumpang Mengalami Peningkatan 6,3 Persen - 4 January 2015 - Tutorial Berbagai Cara - Berita Online - Bisnis Online - Updated Daily New PTC Sites (Top,Trusted,Elite,Legit,)
Home » 2015 » January » 4 » Penumpang Mengalami Peningkatan 6,3 Persen
9:56 PM
Penumpang Mengalami Peningkatan 6,3 Persen

Arus Balik di KNIA

Penumpang Mengalami Peningkatan 6,3 Persen

 

KUALANAMU- Jelang berakhirnya Libur Tahun Baru 2015, penumpang di Kualanamu International Airport (KNIA) terus mengalami lonjakan jika dibandingkan dengan tahun 2013.

 

Pantauan Wartawan, counter check-in C tempat berangkatnya maskapai Lion Air bertolak dari KNIA mengalami antrean penumpang. Akibatnya, petugas check-in Lion Air terlihat kewalahan menghadapi antrean penumpang tersebut.

 

Dari data yang dihimpun Tim Monitoring KNIA, tercatat saat Sabtu (3/1) atau H+9, penumpang di terminal kedatangan dan keberangkatan domestik mengalami peningkatan. Di terminal kedatangan domestik tercatat, jumlah penumpang sebanyak 10.097 orang dan 77 pesawat di tahun 2014. Sedangkan tahun 2013, jumlah penumpang sebanyak 9.843 dan 72 pesawat.

 

Serupa halnya terjadi di terminal keberangkatan, tercatat jumlah penumpang di tahun 2014 sebanyak 11.131 dengan 74 pesawat. "Jika digabungkan penerbangan domestik dan internasional, saat H+9 Libur Tahun Baru 2015, jumlah penumpang mengalami peningkatan baik itu di terminal kedatangan dan keberangkatan. Persentasenya untuk terminal kedatangan jika dibandingkan tahun sebelumnya, penumpang 4,3 persen dan pesawat 41 persen dengan extra flight sama seperti tahun lalu, 3 extra flight. Sedangkan di terminal keberangkatan, pertumbuhan persentase penumpang sebesar 6,3 persen dan 2 persen pesawat," terang Manager Airport Duty KNIA, Muhammad Syukur ketika ditemui di Ruang OIC, Minggu (4/1) siang.

 

Dirincikan Syukur, terminal kedatangan internasional saat H+9 Libur Tahun Baru 2015 tercatat jumlah penumpang sebanyak 3.791 dengan 25 pesawat. Sedangkan di terminal keberangkatan internasional, jumlah penumpang 2.304 dan 26 pesawat.

 

"Jumlah itu meningkat bila dibandingkan tahun 2013," ungkapnya.

 

Sedangkan untuk jumlah penumpang di H+10 atau Minggu (4/1), pihaknya belum dapat menjumlahkannya. Namun, tercatat laporan sementara tim monitoring angkutan udara hingga pukul 11.00 WIB. Jumlah penumpang sebanyak 2.206 dan 21 pesawat di terminal kedatangan domestik. Di terminal keberangkatan domestik, tercatat jumlah penumpang sudah mencapai 3.330 dan 28 pesawat.

 

Jumlah itu tampak lebih dominan di terminal domestik. Di terminal kedatangan internasional, tercatat penumpang baru berjumlah 1.187 dengan 8 pesawat. Sedangkan di terminal keberangkatan jumlah penumpang baru 694 dan 8 pesawat.

 

"Nanti malam atau sore diprediksi puncaknya akan terjadi di terminal keberangkatan domestik. Karena itu lebih dominan, di terminal internasional masih biasa-biasa saja. Namun kita belum bisa memastikan, karena tim masih melaporkan," bebernya.

 

Sementara, Manager Raillink Medan, Adji mengatakan, meski penumpang di KNIA mengalami lonjakan di Libur Tahun Baru 2015 ini. Namun, KA Woojin tersebut hanya mengalami lonjakan sedikit.

 

Menurut Adji, tercatat saat Sabtu (3/1) lalu, penumpang KA Raillink sebanyak 1.836 orang. "Jumlah itu lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun 2014 yakni 1.771 orang. Dari 4 jumlah gerbong Raillink, tidak pernah terisi full yang berjumlah 172 tempat duduk," ungkapnya seraya bilang kenaikkan penumpang sebesar 3 persen. (ted)

 

Arus Balik Padat, Penumpang Antre Ditangga KM Kelud

 

BELAWAN-Penumpang arus balik di Pelabuhan Ujung Baru Belawan, mencapai puncaknya pada hari ke empat pasca libur Tahun Baru 2015. Sedikitnya. 2.367 orang penumpang tujuan Tanjung Balai Karimun, Batam dan Tanjung Priok memadati dermaga dan berdesakan saat menuju naik ke lambung kapal KM Kelud, Minggu (4/1) siang.

 

Dari amatan wartawan, kepadatan penumpang arus balik kapal laut mulai terlihat sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB. Para penumpang terdiri dari lanjut usia, dewasa dan anak-anak yang datang dengan menumpangi berbagai jenis kenderaan, tampak antre disekitar pintu masuk Pelabuhan Belawan.

 

Bahkan beberapa penumpang sempat terlihat marah karena kesal ditegur petugas keamanan. Pasalnya, saat melewati pintu masuk pelabuhan, mobil yang ditumpangi satu keluarga ini nekat menerobos sebelum mendapat pemeriksaan, lantaran khawatir tidak ikut diberangkatkan.

 

"Kami khawatir nanti gagal berangkat, karena besok (Senin, red) anak-anak sudah mulai masuk sekolah.  Apalagi, sekarang ini jumlah penumpang KM Kelud yang berangkat dibatasi," ujar, Marlon Sitinjak penumpang tujuan Batam.

 

Tidak hanya di pintu masuk, ribuan penumpang juga tampak memadati dermaga Terminal Pelabuhan Ujung Belawan. Dengan menggunakan alat pengeras suara, berkali-kali petugas pelabuhan berusaha mengatur calon penumpang yang sudah tidak sabar lagi untuk berangkat, agar tertib dan tidak berebutan menaiki tangga kapal.

 

Petugas keamanan pelabuhan terdiri dari Syahbandar, Kepolisian, TNI, Satpam Pelabuhan maupun pihak PT Pelni (Persero) turut pula mengingatkan calon penumpang agar menjaga tiket, anggota keluarga dan barang bawaan jangan sampai tercecer maupun hilang.

 

"Para penumpang diminta untuk tertib jangan berdesakan, persiapkan tiket dan jaga anggota keluarga maupun barang bawaannya," imbau petugas melalui pengeras suara.

 

Menager Operasional PT Pelni (Persero) Cabang Medan, M Yusuf kepada wartawan mengatakan, berdasarkan data manifest jumlah penumpang KM Kelud mencapai 2.367 orang. Meski terlihat padat, namun kondisi ini belum melebihi kapasitas tampung kapal yang mencapai 2.600 orang penumpang.

 

"Untuk frekuensi pelayaran KM Kelud sudah kembali normal, kalau sebelumnya melayani rute Belawan-Batam. Kini rute kapal sudah seperti biasa melayani rute Tanjung Balai Karimun, Batam dan Tanjung Priok," katanya.

 

Yusuf, membenarkan kalau menejemen pelni memberlakukan pembatasan jumlah penumpang KM Kelud. Para penumpang lanjut dia, diberangkatkan harus sesuai dengan kapasitas tampung kapal.

 

"Pembatasan ini bukan karena soal persediaan tiket kapal, tapi demi memberikan kenyamanan kepada penumpang. Untuk tiket sendiri sampai hari ini masih tersedia," ungkap, Yusuf.

Category: Berita Online | Views: 415 | Added by: fztm | Tags: Peningkatan 6, 3 Persen, Arus Balik | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Only registered users can add comments.
[ Sign Up | Log In ]