Penumpang Tak Percaya Lagi Dengan Citilink - 9 January 2015 - Tutorial Berbagai Cara - Berita Online - Bisnis Online - Updated Daily New PTC Sites (Top,Trusted,Elite,Legit,)
Home » 2015 » January » 9 » Penumpang Tak Percaya Lagi Dengan Citilink
6:47 PM
Penumpang Tak Percaya Lagi Dengan Citilink

Calon Penumpang Tak Percaya Lagi Dengan Citilink

 

KUALANAMU- Terkait pembatalan rute penerbangan perdana maskapai Citilink (QG 143) tujuan Bandara Halim Perdanakusuma pada Rabu, (7/1) lalu. Hal tersebut masih berbuntut terjadi kericuhan di depan counter tiket sales anak perusahaan Garuda Indonesia itu pada, Jum'at (9/1) siang.

 

Pasalnya, kericuhan ini terjadi disebut-sebut karena pihak maskapai Citilink yang bertolak dari Kualanamu International Airport (KNIA) menuju Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng batal berangkat dengan nomor penerbangan QG 9839. Alasannya, karena nomor penerbangan tersebut tak memiliki izin penerbangan dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub).

 

Informasi diperoleh, maskapai Citilink yang berangkat dari KNIA bertolak ke Bandara Soekarno-Hatta itu terjadi kericuhan sekitar pukul 12.25 WIB. Tak pelak, penumpang yang sudah datang sejak pukul 10.00 WIB itu melampiaskan emosinya.

 

"Kapan jadinya kami berangkat ini. Saya kecewa dengan keadaan seperti ini," teriak salah seorang penumpang.

 

Pantauan Wartawan, puluhan penumpang maskapai Citilink dari jumlah 2000an itu tampak memenuhi ruangan tiket sales KNIA. Dengan wajah murung dan keadaan lesuh, mereka berharap secepatnya dapat bertolak ke daerah tujuannya.

 

Akibat tumpukan penumpang itu, ruang tiket sales bandara yang berkode internasional KNO itu tampak kumuh. Hal itu terlihat jelas dengan keberadaan penumpang yang memenuhi ruangan tiket sales KNIA dan bekas kotak makanan dari tanggung jawab pihak maskapai Citilink yang memberikan makan kepada penumpang terlantar tersebut.

 

Salah seorang penumpang maskapai Citilink tujuan Balikpapan, Kalimantan Timur, Bahri Yunus Singarimbun (24) mengatakan, seharusnya jadwal keberangkatannya yang transit di Jakarta itu bertolak dari KNIA sekitar pukul 12.00 WIB. Namun, usai solat Jum'at sekitar pukul 14.00 WIB, ia bersama 3 teman dan sepupunya itu masih menunggu kejelasan kapan pihak maskapai Citilink memberangkatkannya.

 

"Kabarnya bilang jam 8 malam baru berangkat. Aturannya jam 12 siang, kami rencananya mau ke Balikpapan. Saya ke Balikpapan kerja sebagai koperasi gitu yang mengatur uang gitu," ungkap warga Kabanjahe ini ketika ditemui di depan counter tiket sales KNIA.

 

Pria yang mengaku sudah 2 tahun bekerja di Balikpapan ini juga mengaku, Sabtu (10/1) sesuai perjanjian cutinya sudah harus mulai bekerja. Ditanya apakah kedepannya akan memakai jasa Citilink, ia mengaku tidak akan lagi.

 

"Sepertinya sudah enggak mau lagi lah menggunakan maskapai Citilink. Soalnya saya kecewa juga karena sudah tiba di KNIA ini jam 10 pagi. Saya beli tiketnya melalui travel, pun begitu orang travel juga enggak ada bilang," kata dia.

 

Atas insiden ini, sejumlah calo yang kerap bergentayangan di areal counter tiket sales KNIA tampak meraup keuntungan. Dengan memanfaatkan pilihan penumpang untuk mengembalikan uang dari pihak Citilink yang kemudian akan berangkat dengan maskapai lainnya.

 

Menanggapi hal ini, Vice President Corporate Communications Citilink, Benny S Butarbutar mengaku keberangkatan penumpang itu dialihkan ke maskapai Garuda Indonesia. Selain itu, terkait Citilink (QG 9839), pihaknya sudah mendengar kabar adanya kericuhan tersebut.

 

"Tadi kurang penjelasan tapi sudah bisa ditangani karena bersedia di endorse ke penerbangan Garuda yang malam," ungkapnya.

 

Selebihnya, lanjut Benny, banyak penumpang yang meminta reschedule (penjadwalan penerbangan ulang) di esok harinya karena banyak seat yang kosong. Ditanya adanya insiden ini, kepercayaan masyarakat berkurang menggunakan maskapai Citilink. Menurut dia, hal tersebut dikembalikan kepada masyarakat.

 

"Namun, di tahun 2015 ini, tahun kebanggaan bagi Citilink. Meski ada kejadian ini, kami sebenarnya sudah melengkapi pengurusannya kepada regulator," ungkapnya.

 

Heri selaku perwakilan Citilink menambahkan, sejauh ini baru 1 penerbangan yang dialihkan ke Garuda Indonesia dengan penumpang 90 orang. "Yang refund (meminta uang kembali) 40 orang. Hari ini mulai dari tanggal 4 sampai 10 Januari akan dialihkan ke Garuda Indonesia. Penumpang semuanya dikabarin melalui pesan singkat," sebutnya.

Category: Berita Online | Views: 411 | Added by: fztm | Tags: Tak Percaya Lag, Penumpang, Citilink, Calon | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Only registered users can add comments.
[ Sign Up | Log In ]