Percaloan Berkedok Biro Jasa - 12 January 2015 - Tutorial Berbagai Cara - Berita Online - Bisnis Online - Updated Daily New PTC Sites (Top,Trusted,Elite,Legit,)
Home » 2015 » January » 12 » Percaloan Berkedok Biro Jasa
6:36 PM
Percaloan Berkedok Biro Jasa

Percaloan Berkedok Biro Jasa

Ditlantas Poldasu Dibeberkan

 

MEDAN

Keributan tiba-tiba terjadi di kantor Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Utara, Sabtu (10/1) pagi. Seorang wanita diketahui bernama Herni Rahayu, cekcok bahkan nyaris baku hantam dengan seorang wanita berinisial C yang disebut sebagai calo berkedok biro jasa di Ditlantas Poldasu. Situasi dapat kembali normal setelah sejumlah orang yang menyaksikan kejadian itu, melerai kedua wanita yang terlibat cekcok itu.

 

Keterangan Herni kepada Wartawan, kejadian itu bermula saat dirinya didatangi C, meminta sisa pembayaran pengurusan perpanjangan pajak sepeda motor, dengan cara Tembak KTP, untuk menghindari BBN. Namun Herni yang merasa sudah memberi lebih, enggan memberi tambahan yang dimaksud, sehingga membuat C langsung emosi dan melontarkan kata-kata tidak senonoh pada Herni.

 

" Langsung dimaki-makinya aku. Sudah aku bilang sama dia kalau untuk pajak sepeda motor yang saya uruskan ke dia itu, hanya Rp235 ribu dan tembak KTP Rp85 ribu. Namun, tetap aku kasih sama dia Rp500 ribu lebih. Itu pula dibilangnya kurang lagi, " ungkap Herni kepada Wartawan.

 

Lebih lanjut, Janda 1 anak itu meyebut cara tembak KTP untuk perpanjangan pajak ataupun ganti plat kenderaan bermotor, tidak ada dalam peraturan. Sehingga, bagi masyarakat yang hendak memperpanjang pajak atau ganti plat, harus melakukan BBN pada kenderaan bermotornya. Namun, karena untuk BBN tersebut memakan waktu lama, maka calo berkedok biro jasa, menyarankan alternatif dengan cara KTP tembak.

 

" Karena untuk BBN memakan waktu lama, makanya calo-calo itu membuat tembak KTP, dengan bekerjasama dengan petugas, untuk pengurusan sepeda motor, tembak KTP dibandrol Rp85 ribu dan untuk mobil Rp150 ribu, " beber Herni.

 

Selain itu, wanita yang tinggal di kawasan Tanjung Mulia itu juga menyebut kalau calo berkedok biro jasa di Ditlantas Polda Sumut, termasuk C, juga sering melakukan pembukaan blokir. Disebutnya, pembukaan blokir itu juga tidak pernah ada dalam peraturan. Namun, karena pemohon tidak mau berurusan lama bila harus BBN, maka dilakukan pembukaan blokir. Dikatakannya, pembukaan blokir itu hanya dapat dilakukan melalui komputer induk yang ada di Ditlantas Poldasu.

 

" Untuk pembukaan blokir, ditambah tembak KTP, biasanya dibandrol Rp300 ribu sepeda motor dan Rp375 ribu untuk mobil. Pemblokiran biasanya dilakukan pemilik kenderaan bermotor, yang tidak mau tercatat memiliki 3 kendaraan karena akan dikenakakan progres. Dengan demikian, orang yang membeli kenderaan bermotor yang sudah diblokir, akan melakukan buka blokir saat hendak bayar pajak atau ganti plat, " sambung Herni.

 

Sebelum mengakhiri, Herni menyebut kalau calo berkedok biro jasa, termasuk C, juga mengurusi pengurusan surat kenderaan bermotor di daerah seperti Pakam dan Sergei. Disebutnya, hal itu diketahuinya karena dirinya juga pernah meminta tolong pada C untuk menguruskan pergantian STNK sepeda motor dan tembak KTP kerabatnya yang tinggal di Pakam dan Sergei. Disebutnya, saat itu dirinya dikenakan bayaran Rp650 ribu untuk pengurusan tersebut.

 

Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Sumut, Kombes Pols Refdi Andri yang dikonfirmasi, membantah adanya cara tembak KTP ataupun buka blikir tersebut. Dikatakan Perwira Polisi dengan pangkat 3 melati di pundaknya itu, pihaknya melakukan pengurusan, sesuai prosedur berlaku. Bahkan, dikatakannya kalau pihaknya sudah menyediakan ruang informasi, untuk melayani dan memandu masyarakat yang tidak memahami pengurusan.

 

" Tidak ada itu. Bahkan ada juga di tempat kita provost yang stanbay. Kalau memang ada kejadian itu, kita juga berencana membuat ruang pengaduan. Jadi, masyarakat yang merasa dirugikan, dapat melapor. Selain itu, kembali kita menghimbau kepada masyarakat, untuk mengurus kepentingan, tidak menggunakan calo, " tandas Refdi singkat. (ain)

Category: Berita Online | Views: 449 | Added by: fztm | Tags: Biro Jasa, Ditlantas Poldasu Dibeberkan, Percaloan | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Only registered users can add comments.
[ Sign Up | Log In ]