Proyek IPA Tirtanadi Dievaluasi - 12 January 2015 - Tutorial Berbagai Cara - Berita Online - Bisnis Online - Updated Daily New PTC Sites (Top,Trusted,Elite,Legit,)
Home » 2015 » January » 12 » Proyek IPA Tirtanadi Dievaluasi
6:38 PM
Proyek IPA Tirtanadi Dievaluasi

Dewan Minta Proyek IPA Tirtanadi Dievaluasi

 

MEDAN

Proyek pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi di dua lokasi, mendapat kecaman dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara (Sumut) Komisi C. Pasalnya, pengerjaan yang dilakukan jauh dari progres yang ditargetkan.

 

Ketua Komisi C DPRD Sumut Muchrid Nasution menyebutkan jika hasil pertemuan internal di komisinya, dihasilkan kesepakatan bahwa berdasarkan kunjungan kerja ke PDAM Tirtanadi termasuk di lokasi proyek IPA Martubung dan Sunggal, mereka akan mempertanyakan kejelasan proyek tersebut. Sebab hasilnya sangat jauh dari target penyelesaian proyek.

 

Oleh karenanya, Komisi C akan memanggil pihak Tirtanadi berikut segala hal yang menyangkut tender proyek ratusan miliaran tersebut. Muchrid juga menyebutkan pihaknya meminta bukti kontrak, jadwal pengerjaan serta rincian penyertaan modal yang mencapai angka Rp236 Miliar yang dibagi menjadi dua yakni Rp58 Miliar untuk proyek IPA Martubung dan Rp178 Miliar untuk proyel IPA Sunggal. Dimana Rp200 Miliar merupakan penyertaan modal dari pemerintah provinsi. Sementara Rp36 Miliar lagi diambil dari kas PDAM Tirtanadi.

 

"Karena kunjungan kerja kita kemarin, sudah jelas jauh dari progres," ujar Muchrid di ruang kerjanya, Senin (12/1).

 

Dirinya pun mengungkapkan jika pihaknya akan mengevaluasi proyek tersebut. Sebab ia melihat ada kerancuan dalam proses pelaksanaan proyeknya, dimana konsultan perencanaan, konsultan pengawasan serta kontraktor, ditangani oleh satu pihak saja. Ini lah yang kemudian dianggap salah satu penyebab timbulnya masalah dalam pengerjaannya.

 

"Kenapa bisa satu pihak (orang) saja untuk merencanakan dan mengawasi," katanya.

 

Atas dasar itu, Muchrid mengatakan jika memang pengerjaan proyek tersebut carut marut. Apalagi dalam waktu yang hanya kurang dari enam bulan lagi, sementara pengerjaan belum mencapai 80%, ini membuat khawatir pembangunan IPA hampir dipastikan tidak akan selesai tepat waktu.

 

"Setelah kita lihat, memang ada carut marut. Lagipula, bagaimana bisa tiga tugas berbeda dipegang satu orang. Artinya, yang mengerjakan dan mengawasi, orang yang sama," tambahnya.

 

Meskipun begitu, Muchrid tetap meminta agar Tirtanadi dan kontraktor dapat mempercepat penyelesaian proyek pembangunan IPA tersebut. Sebab ketersediaan air bersih bagi masyarakat khususnya Kota Medan dan sekitarnya, sangat penting. Dikatakannya jika kontrak masih menyisakan beberapa bulan lagi.

 

"Kami meminta kepada Tirtanadi dan Kontraktor, agar (proyek IPA) itu diselesaikan tepat waktu sesuai dengan spesifikasi, guna memenuhi kebutuhan masyarakat," pungkasnya.

Category: Berita Online | Views: 397 | Added by: fztm | Tags: Proyek IPA Tirtanadi Dievaluasi, Dewan | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Only registered users can add comments.
[ Sign Up | Log In ]