RS Haji Adam Malik Terapkan 5 Hari Kerja - 26 December 2014 - Tutorial Berbagai Cara - Berita Online - Bisnis Online - Updated Daily New PTC Sites (Top,Trusted,Elite,Legit,)
Home » 2014 » December » 26 » RS Haji Adam Malik Terapkan 5 Hari Kerja
7:42 PM
RS Haji Adam Malik Terapkan 5 Hari Kerja

Maksimalkan Pelayanan, RS Haji Adam Malik Terapkan 5 Hari Kerja

 

MEDAN

Sebagai rumah sakit tipe A satu-satunya di Sumatera Utara, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Medan akan terapkan lima hari kerja dalam layanan kesehatan.

 

Hal ini dikatakan oleh Direktur Utama RSUP H Adam Malik Medan, Yusirwan, kemarin. Di mana dalam pelaksanaan lima hari kerja ini dilakukan untuk memaksimalkan pelayanan medis kepada pasien.

 

"Mengingat jumlah pasien yang diterima rumah sakit ini cukup banyak sekitar 800 hingga 1.000 pasien per hari. Namun,  banyak pasien yang tidak bisa dilayani dengan lengkap setiap hari karena keterbatasan waktu. Maka, kita menambah waktu jam kerja," katanya.

 

Menurutnya, selama ini banyak terjadi inefisiensi rumah sakit dalam memberikan pelayanan lantaran minimnya jam layanan, yakni 6 jam layanan. Padahal, berdasarkan observasi,  paling banyak pasien datang dari daerah, seperti Kabanjahe,  dan Tarutung. Pasien-pasien ini sering terlambat datang, atau sampai di rumah sakit sekitar jam 10.00 wib. Sehingga pemeriksaan laboratorium sering terlambat.

 

"Karena itu, agar layanan lebih efisien, jam kerja dipadatkan selama 5 hari. Yakni setiap Senin hingga Jumat, dari jam 08.00 wib hingga jam 16.30 wib. Dengan padatnya jam layanan ini, diharapkan layanan yang diberikan akan semakin optimal. Karena selama ini poliklinik tutup jam 13.00 WIB, dan pasien sering kita lihat harus kembali lagi esok harinya untuk membaca pemeriksaan laboratorium," terangnya.

 

Untuk itu, sambungnya pihaknya mengharapkan masyarakat maklum. Sebab dengan waktu kerja yang ditambah maka hari Sabtu layanan poliklinik akan tutup.

 

Yusirwan juga menambahkan, langkah ini diambil agar rumah sakit memberikan pelayan terbaik kepada pasien. Dengan begitu bisa mewujudkan pencapaian akreditasi Joint Commission International (JCI).

 

"Dan mewujudkan akreditasi ini, isu utama adalah perbaikan mutu dan pasien. Dan mengoptimalkan jam layanan setiap harinya adalah langkah awalnya," pungkasnya.

 

Sementara, Ketua Komite Medik RSUP H Adam Malik Medan, Prof T Emir Pasaribu mendukung langkah yang dilakukan manajemen rumah sakit ini. Menurutnya, dengan jam kerja yang selama ini berlaku, banyak pasien yang tidak bisa dilayani.

 

"Seperti saya, bedah sering tertunda pada pasien. Jika setiap jarinya hanya bisa melakukan bedah pada satu pasien, dengan optimalisasi jam kerja ini, diharapkan bisa melakukan dua hingga tiga tindakan bedah. Sehingga terjadi efisiensi pelayanan,  dan antrian akan semakin pendek," tutupnya.

Category: Berita Online | Views: 486 | Added by: fztm | Tags: Adam Malik, RS Haji, Pelayanan, 5 Hari Kerja | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Only registered users can add comments.
[ Sign Up | Log In ]