Sengketa Lahan di Labuhan Deli - 19 December 2014 - Tutorial Berbagai Cara - Berita Online - Bisnis Online - Updated Daily New PTC Sites (Top,Trusted,Elite,Legit,)
Home » 2014 » December » 19 » Sengketa Lahan di Labuhan Deli
3:36 AM
Sengketa Lahan di Labuhan Deli

Sengketa Lahan di Labuhan Deli Nyaris Ricuh

 

Deliserdang

Sengketa lahan seluas 7 hektare di Dusun 11 Sidoharjo, Desa Pematang Johar, Labuhan Deli, Deliserdang, nyaris ricuh, Jumat (19/12). Pasalnya, puluhan massa mengklaim sebagai pemilik lahan yang sah dihadang petugas kepolisian saat akan memasuki lahan bersengketa.

 

Informasi yang diperoleh di lapangan, kericuhan bermula ketika puluhan massa dari pihak keluarga penggugat atas nama Sudigo (60), yang mengklaim telah memenangkan kepemilikan lahan seluas 7 hektare yang dipagar benton setinggi 3 meter, dilarang memasuki lahan tersebut oleh petugas kepolisian yang menjaga di depan pintu masuk.

 

Dengan membawa bukti-bukti kepemilikan yang sah atas keputusan

Mahkamah Agung (MA), pihak penggugat berusaha memasuki lahan seluas 7 hektare yang di dalamnya telah berkumpul puluhan massa dari pihak tergugat atas nama Lasmi.

 

Karena itu, untuk menghindari terjadinya baku hantam antar kedua kelompok massa, petugas kepolisian terpaksa menghalau puluhan massa yang akan memasuki lahan tersebut. Ketegangan pun terjadi dan nyaris baku hantam antar massa pengugat dengan massa tergugat.

 

Namun, kericuhan berhasil diredam setelah pihak tergugat yang saat ini

menguasai lahan yang dipersengketakan mengizinkan beberapa perwakilan dari pihak penggugat untuk berdialog di dalam lahan sengketa.

 

Salah seorang keluarga pihak penggugat Indra (45) merasa kecewa kepada pihak kepolisian yang tidak memperbolehkan memasuki lahan sengketa walau dirinya telah membawa bukti-bukti kepemilikan secara sah dan kini telah dimenangkan oleh pihak penggugat di MA pada beberapa tahun lalu.

 

"Lahan inikan sudah kami yang memenangkan di MA. Kenapa masih dikuasai sama mereka (tergugat) lagi. Seharusnya mereka tahu diri dong! Jangan asal main kuasai begini aja," ungkap Indra di lokasi sengketa.

 

Usai melakukan dialog selama satu jam lamanya, puluhan massa dari pihak penggugat langsung melakukan pemasangan spanduk kepemilikan lahan ditembok lahan yang dipersengketakan dan mengancam apabila spanduk kepemilikan lahan yang dipasang hilang maka pihak penggugat akan memaksa masuk dan menguasai lahan tersebut secara fisik.

 

"Jangan dikuasai lagi dan ini sudah kami pasang spanduk sebagai tanda

kepemilikan kami. Kalau hilang bisa secara fisik nanti kami kuasainya," sebut Indra.

 

Sementara itu, Kapolsekta Medan Labuhan Kompol Ronny Oktavianus Sitompul yang dikonfirmasi mengatakan, kondisi di lokasi sudah kondusif.

 

"Kita sudah turunkan personel ke lokasi dan saat ini situasinya sudah kondusif. Artinya masalah sengketa itu sudah selesai," kata Ronny singkat melalui sambungan telepon.

 

Ia menambahkan, pihaknya saat ini sedang fokus ke sengketa lahan di Seruwai.

Category: Berita Online | Views: 370 | Added by: fztm | Tags: Ricuh, Labuhan Deli, Sengketa, Lahan | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Only registered users can add comments.
[ Sign Up | Log In ]