Sumut Dukung Jokowi - 23 December 2014 - Tutorial Berbagai Cara - Berita Online - Bisnis Online - Updated Daily New PTC Sites (Top,Trusted,Elite,Legit,)
Home » 2014 » December » 23 » Sumut Dukung Jokowi
8:26 PM
Sumut Dukung Jokowi

Sumut Dukung Program Kemaritiman Jokowi

 

PANDAN

Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho mengatakan, Provinsi Sumatera Utara mendukung penuh kebijakan pemerintah pusat terkait program kemaritiman. Gatot mengatakan, sudah saatnya Bangsa Indonesia merubah cara pandang pembangunan dari yang berbasis daratan (land based development), menjadi lebih berorientasi kepada pembangunan berbasis kelautan (ocean based development), mengingat Indonessia adalah negara kepulauan yang sudah diakui dunia dan terakomodasi dalam UUD 1945.

 

"Saya menekankan beberapa hal, yakni Provinsi Sumut adalah provinsi yang diuntungkan dari segi aspek geografis. Kita memiliki laut pantai timur dan pantai barat dengan panjang kurang lebih 1.300 KM dan selama ini pembangunan kita berbasis daratan, namun ke depan dari amanat Menteri Kalautan dan Perikanan RI mengingatkan arah pembangunan kita kedepan adalah berbasis kelautan," ujarnya

Pada Peringatan Hari Nusantara ke-15 Tingkat Provinsi Sumut 2014, Selasa (23/12) di Pantai Bosur, Pandan, Tapanuli Tengah.

 

Artinya, lanjut dia, pembangunan berbasiskan kelautan itu sangat tepat pada momentum Peringatan Hari Nusantara ini. Untuk itu ia meminta dan mengajak kepada Lantammal I Belawan dan Pankalan TNI AL Sibolga agar bekerja sama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan untuk melakukan ajangsana ke sekolah-sekolah yang memberikan pemahaman kesadaran kepada seluruh pelajar tentang arti penting dari lautan diarah pembangunan.

 

"Arah pembangunan bangsa ke depan termasuk di Provinsi Sumut akan ditentukan sejauh mana perhatian kita terhadap wilayah perairan laut. Deklarasi Juanda mengingatkan kita bahwa NKRI adalah harga mati, NKRI menjadi suatu kenyataan jika laut antarpulau satu dengan pulau lain dikelola secara maksimal dan itulah yang menjadi kata kunci dari masa depan bangsa," tegasnya.

 

Dia mengajak semua pihak untuk tidak menganggap peringatan ini sebagai seremonial belaka, tetapi menjadikan kesadaran kolektif bahwa laut yang ada selama ini terlantarkan dalam kegitan-kegiatan pembangunan baik ditingkat nasional maupun provinsi serta kabupaten/kota. "NKRI akan tetap jaya, NKRI menjadi harga mati di dalamnya membangun kelautan antarpulau satu dan lainnya," tegasnya.

 

Pernyataan Gubsu sejalan dengan sambutan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujdiastuti selaku Ketua Harian Dewan Kelautan Indonesia yang menyampaikan bahwa peringatan Hari Nusantara bertujuan untuk mengingatkan kembali serta mengubah mindset Bangsa Indonesia mengenai ruang hidup dan ruang juang dari matra darat menjadi matra laut, dan sejalan dengan visi Presiden Joko Widodo mengenai poros maritim dunia yang diharapkan akan terwujud dalam bentuk Indonesia sebagai kekuatan maritim yang bersatu, sejahtera, dan berwibawa.

 

"Bangsa Indonesia diharapkan dapat melihat dirinya sebagai 'poros maritim dunia, kekuatan di antara dua samudera," ujarnya.

 

Peringatan Hari Nusantara ke-15,  Tingkat Provinsi Sumut 2014 dengan tema "Membangun Nusantara Dengan Inovasi Maritim Anak Bangsa" ini juga dirangkai dengan pemberian penghargaan kepada kelompok masyarakat pengawas panai hilir kabupaten Labuhan Batu sebagai Juara I tingkat Provinsi Sumut dan Juara II tingkat Nasional 2014. Pemberian penghargaan kepada perusahaan dagang anugerah alam sebagai UKM bidang pengolahan terbaik tingkat sumut juga pemberian sertifikat cara budidaya ikan yang baik kepada unit usaha budidaya ikan komuditas udang vaname,lele dan gurame dari kabupaten Langkat, Sergai dan Kota Binjai.

 

Selain itu juga dilakukan penyerahan sertifikat ISO 9001,2008, dan penyerahan sertifikat pelatihan pemesinan kapal perikanan, juga penyerahan sertifikat pelatihan perakitan dan pengoperasian gilnet yang semuanya diserahkan langsung Gubsu Gatot Pujo Nugroho didampingi Plt Bupati Tapteng Sukran Jamilan Tanjung.

 

Diakhir upacara Gubsu juga memberikan polis asuransi untuk 1.210 nelayan se-Sumut yang secara simbolis diterima oleh tiga orang nelayan. Pemberian bantuan 5.000 benih ikan nila untuk kolam pekarangan di Tapteng, bantuan bibit kelapa untuk 100 hektar kepada kelompok tani dan bantuan calon induk ikan nila dan mas sebanyak 2.460 ekor serta pakan ikan untuk 3 balai benih ikan lokal kabupaten Dairi, Tobasa dan Karo.

Category: Berita Online | Views: 399 | Added by: fztm | Tags: Sumut.Program.Kemaritiman.Jokowi | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Only registered users can add comments.
[ Sign Up | Log In ]