System Penyaluran LPG - 24 November 2014 - Tutorial Berbagai Cara - Berita Online - Bisnis Online - Updated Daily New PTC Sites (Top,Trusted,Elite,Legit,)
Home » 2014 » November » 24 » System Penyaluran LPG
11:09 PM
System Penyaluran LPG

Pemerintah Harus Benahi Sistem Penyaluran LPG 3 Kg

TEBINGTINGGI

Anggota DPD RI Parlindungan Purba SH menilai tingginya harga LPG 3 Kg yang di jual ke masyarakat oleh pihak pengecer akibat jalur distribusi yang cukup panjang.

"Untuk itu, dia meminta pemerintah agar membenahi system distribusi yang hingga saat ini masih menggunakan peraturan lama,"jelas Parlindungan Purba bersama Sales Executive Domestic Gas Medan, Tiara Thesaufi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke agen resmi gas elpiji PT Deli Jaya Alam Lestari Tebingtinggi di Jalan Sudirman Kota Tebingtinggi.

Menurut Ketua Komisi 2 DPD RI yang membidangi masalah Energi, BUMN, Perdagangan dan Perindustrian itu, untuk mengantisipasi lonjakan harga LPG 3 Kg oleh pengecer ke masyarakat, sebaiknya dilakukan System Distribusi Tertutup, yakni hanya pihak tertentu saja yang boleh membelinya.

"Seharusnya system distribusi elpiji subsidi LPG 3 Kg diatur oleh pemerintah, tapi hal ini sampai saat ini belum diatur, kemungkinan pemerintah lalai disini, oleh sebab itu, saya akan menyampaikan kepada Menteri ESDM, Menteri BUMN dan Menteri Perdagangan di Jakarta untuk mengatur bagaimana harga gas elpiji 3 Kg yang di jual ke agen dan pangkalan, pemerintah harus campur tangan," pinta Parlindungan.

Parlindungan Purba juga menyesalkan system distribusi LPG 3 Kg yang ternyata masih menggunakan peraturan lama sehingga semua orang bisa membeli gas 3 Kg karena aturannya yang tidak jelas. "Oleh sebab itu, saya minta pemerintah daerah dan pemerintah propinsi agar segara membuat kepastian tentang harga eceran tertinggi dan menerapkan mekanisme pengaturan distribusi tertutup untuk pengendalian LPG 3 Kg," ujarnya.

Menurutnya jalur distribusi gas LPG 3 Kg saat ini terlalu panjang yakni dari agen ke pangkalan, pangkalan ke pengecer dan pengecer ke konsumen, ternyata yang masih bisa dikendalikan harga di pangkalan, sedangkan di pengecer tidak ada karena tidak ada aturan yang mengatur pengecer ke konsumen sehingga pengecer memberi harga LPG 3 Kg sesuka hati mereka.

"Jadi ini bisa dari  sini (agen) harganya Rp16.000 ketika sampai ke pengecer bisa menjadi Rp25.000, bila dibiarkan tentu bisa menimbulkan keresahan sosial dan saya fikir kondisi ini bisa terjadi di seluruh Indonesia," lugas Parlindungan.

Sales Executive Domestic Gas Medan, Tiara Thesaufi yang mengatakan bahwa harga eceran nyata adalah Rp16.000, sedangkan harga eceran tertinggi yang ditetapkan pemerintah sejak tahun 2007 yang sebenarnya masih Rp12.750, tapi kalau memakai harga lama (dari awal Perpres tahun 2007) Rp12.750 tidak ada lagi orang yang mau jualan elpiji karena tidak ada untung.

"Hingga saat ini belum ada peraturan baru yang mengatur penjualan elpiji 3 kg ditingkat pengecer, yang ada hanya sampai ke tingkat agen dan pengkalan, jadi kita sulit mengendalikan harga eceran LPG 3 Kg di pasaran," jelasnya.

Menurut Tiara, data warga pengguna gas subsidi LPG 3 Kg di Tebingtinggi adalah 3.300 orang, sedangkan jumlah penduduk dianggap miskin semua dengan penghasilan Rp1.5 juta tersalurkan hanya 2.800, berarti hanya 10 persen yang pakai gas 3 Kg. "Pihak ESDM dulu pernah menghitung kebutuhan 1 Kepala Keluarga (KK) perbulannya adalah 2 tabung jadi hanya 6 Kg yaitu 2 tabung, kalau misalnya jumlah kepala keluarga ada 37.000 tinggal dikalikan dua, jadi untuk konsumsi biasa pasti cukup, karena sekarang warga memasak nasi pakai ricecooker," jelas Tiara.

Agen resmi gas elpiji PT Deli Jaya Alam Lestari Tebingtinggi, Mincu mengaku pihaknya tidak bisa menolak pembelian gas yang dilakukan oleh pengecer karena tidak ada peraturan pemerintah yang melarangnya. "Setiap hari saat membuka toko sudah ratusan warga (pengecer) yang mengantri beli gas, hanya dua jam saja semua gas LPG 3 Kg ludes terjual, kami tidak bisa larang karena tidak ada peraturan yang melarang mereka beli disini,"ujarnya. (bbs)

Category: Berita Online | Views: 509 | Added by: fztm | Tags: Penyaluran LPG, LPG 3 KG, System Penyaluran LPG | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Only registered users can add comments.
[ Sign Up | Log In ]