Tiket KA Dapat Potongan Rp7.500 - 27 December 2014 - Tutorial Berbagai Cara - Berita Online - Bisnis Online - Updated Daily New PTC Sites (Top,Trusted,Elite,Legit,)
Home » 2014 » December » 27 » Tiket KA Dapat Potongan Rp7.500
0:26 AM
Tiket KA Dapat Potongan Rp7.500

Beli Tiket KA di Agen Penjualan 

Dapat Potongan Rp7.500

 

MEDAN- Jelang Libur Tahun Baru 2015, Stasiun Kereta Api (KA) Medan terus mengalami lonjakan penumpang bila dibandingkan dengan tahun 2013. Akibatnya, untuk tiket KA kelas ekonomi telah habis hingga Senin (29/12) esok tujuan ke arah selatan. Seperti Tebingtinggi, Pematangsiantar, Tanjungbalai dan Rantauprapat.

 

Hal tersebut diungkapkan Kepala Stasiun KA Medan, Anang Subiyono kepada wartawan, Sabtu (27/12) pagi. "Untuk perjalanan dari Medan ke arah selatan, semua kelas ekonomi habis hingga tanggal 28 Desember 2014. Di tanggal 29 Desember 2014 pun juga habis, namun keberangkatan sore pukul 15.36 masih ada tersedia, siangnya sudah habis," terang Anang.

 

Pantauan Wartawan, sekitar pukul 11.45 WIB terlihat kepadatan penumpang di depan pintu masuk kode barcode tiket. Selain itu, dari 5 loket tiket di Stasiun KA Medan, sedikitnya 3 loket dipadatin penumpang yang ingin membeli tiket.

 

Lebih jauh, Anang merincikan perjalanan KA kelas bisnis dan eksekutif hingga kini masih tersedia. Selain itu, mulai dari Rabu (24/12) lalu tiket KA tujuan ke arah selatan sudah habis.

 

"Untuk tanggal 27 Desember, kelas eksekutif masih ada 120 tiket, bisnisnya 340 tiket. Untuk tanggal 26 Desember kemarin, kelas eksekutif itu habis, sedangkan bisnisnya enggak habis, ada sekitar 280 tiket," terang dia.

 

Antisipasi lonjakan penumpang ini, pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) sudah menyiapkan gerbong tambahan. Sedikitnya, bilang Anang, ada 4 gerbong tambahan untuk kelas bisnis. Lonjakan penumpang di Stasiun KA Medan, ternyata tidak terjadi hanya untuk tujuan ke arah selatan. "Penumpang yang berangkat ke arah Binjai juga terjadi peningkatan," imbuhnya.

 

Namun, ada kebijakan menarik diberikan dari PT KAI kepada pembeli tiket melalui agen-agen yang menjual tiket KA seperti gerai Indomaret. Anang menjelaskan, setiap sekali transaksi yang dapat membeli 4 tiket maksimalnya, pembeli tiket KA mendapatkan potongan harga Rp7.500 per tiketnya.

 

"Jadi kalau misalnya 4 tiket yang dibeli, potongannya Rp30 ribu kalau beli di agen penjual tiket seperti gerai Indomaret. Berlaku untuk tiket kelas bisnis dan eksekutif," ungkap dia.

 

Sedangkan beli tiket di Stasiun KA Medan, lanjut dia, penumpang tak mendapatkan potongan harga tersebut. Kebijakan ini bertujuan agar tidak terjadi lagi antrean untuk membeli tiket. Pasalnya, antrean panjang di Stasiun KA Medan itu menjadi sebuah masalah jika hal tersebut terus berlanjut.

 

"Penumpang itu jadinya kalau ke Stasiun KA Medan, tinggal berangkat. Tak perlu beli tiket, karena sudah beli melalui gerai agen penjualan tiket KA. Nanti ke depannya dibuat juga ruang tunggu yang nyaman agar hilang images negatif kalau naik kereta api itu enggak enak," bebernya.

 

Menurut dia, dari Stasiun KA Medan, pedagang asongan tidak lagi diperbolehkan naik ke dalam gerbong. Sejauh ini, Stasiun di Tanjungbalai masih menjadi persoalan. Pasalnya, di stasiun tersebut masih ada pedagang asongan yang naik masuk ke dalam gerbong. Dia memprediksi, Senin (5/1) mendatang puncak arus mudik Libur Tahun Baru 2015.

 

Sementara, Manager Humas PT KAI Divre I, Jaka Jarkasih yang ditemui di Stasiun KA Medan mengatakan, arus kepadatan penumpang mengalami lonjakan sekitar 2 hingga 3 persen jika dibandingkan tahun 2013.

Guna mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut, pihaknya menyediakan tiket sebanyak 14 ribu per harinya. "Kalau tahun 11 ribu tiket kita sediakan. Libur Natal, puncaknya Sabtu (20/12) lalu seharian itu ramai kali. Sedangkan tadi malam sepi, Sabtu (27/12) ini diperkirakan akan membludak," jelas dia.

 

Sejauh ini, pihak PT KAI belum kewalahan melihat lonjakan penumpang yang meningkat di Stasiun KA Medan. Terkait ketersediaan tiket di Stasiun KA Medan, bilang Jaka, hingga Kamis (1/1) mendatang atau hari H Tahun Baru 2015 tiket KA kelas ekonomi tujuan ke arah selatan sudah ludes terjual.

 

" Alhamdulillah tindakan kriminal sejauh ini belum ada. Di Jakarta sana baru ada, sini belum ada. Tanggal 30 Desember yang masih ada untuk kelas ekonomi, dari sini (Medan) ke arah selatan," sebutnya.

Category: Berita Online | Views: 413 | Added by: admin | Tags: Tiket, Penjualan, Ka, agen, Potongan Rp7.500 | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Only registered users can add comments.
[ Sign Up | Log In ]