Warga Delitua Barat Tak Dapat BLT & Raskin - 5 December 2014 - Tutorial Berbagai Cara - Berita Online - Bisnis Online - Updated Daily New PTC Sites (Top,Trusted,Elite,Legit,)
Home » 2014 » December » 5 » Warga Delitua Barat Tak Dapat BLT & Raskin
6:57 PM
Warga Delitua Barat Tak Dapat BLT & Raskin

Warga Delitua Barat Kerap

Tak Dapat BLT & Raskin

 

 

DELISERDANG

Sejumlah warga di Lingkungan I Gang Amri Kelurahan Delitua Barat kerap mengeluh karena merasa tidak adil terhadap pemberian santunan pemerintah melalui Camat Delitua. Pasalnya, bantuan berupa BLT, Raskin dan terakhir dari Pemerintahan Jokowi-JK inipun, mereka kerap tak menerimanya.

 

Warga Gang Amri Lingkungan I ini hampir rata-rata bekerja sebagai kuli bangunan, petani dan serabutan serta penarik becak. Sehingga, mereka mengklaim layak menerima bantuan tersebut. Namun mulai dari pemerintahan SBY yang menjabat 2 periode itu, mereka juga tak menerimanya.

 

Hal tersebut terungkap ketika 4 orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Deliserdang dari Fraksi PKS melakukan peninjauan ke kawasan tersebut, Kamis (4/12) siang. Awalnya, wakil rakyat Deliserdang ini ingin meninjau protek irigasi yang berfungsi. Namun, sejumlah masyarakat di daerah tersebut mengeluhkan tidak pernah mendapat bantuan dari Camat Delitua, Jahar Effendy.

 

"Kami selalu tidak mendapat bantuan baik itu raskin dan lainnya. Sudah lapor juga ke Keplor namanya Ponira, tapi enggak juga dapat. Susah lah disini, seperti ada perbedaan," aku Siti Chadijah (40), Jum'at (5/12). 

 

Wanita berambut pendek ini juga menjelaskan ketika mengurus KTP dan KK selalu dipintai uang sebesar Rp75 ribu. Ditanya usaha mereka untuk menanyakan hal tersebut ke perangkat kelurahan hingga kecamatan, dia sudah berulang kali mempersoalkannya.

 

"Sudah lelah lah kami. Keplor pun tak bisa dengar keluhan warganya sendiri," ungkap dia.

 

"Waktu kami tanya, tau apa jawabannya. Kelen kan punya 2 kaki dan 2 tangan," tambah dia menirukan ucapan Keplor.

 

Senada juga dengan Hanum. Ia menuding pembagian santunan pemerintah tak tepat sasaran. Artinya, santunan dari pemerintah itu tak diberikan kepada orang yang benar-benar miskim.

 

"Dapat bantuan hanya orang-orang tertentu. Masalah raskin juga enggak ada. Sama sekali enggak ada bantuan, apa kami bukan orang yang tepat menerima bantuan ini," keluh dia.

 

Ketika dikonfirmasi, Jahar Effendy selaku Camat Delitua mengarahkan untuk wartawan Wartawan membicarakan hal tersebut kepada Lurah Delitua Barat. Namun, ia mengaku warga Delitua Barat paling miskin itu terjadi pada tahun 2010.

 

"Sama semuanya, enggak ada perbedaan. Kategori itu ada untuk dapatkan itu. Dari pusat jatahnya juga dikurangin," ungkap dia seraya mengatakan karena takut salah, maka ia memberikan ponselnya kepada Sekcam Delitua, Wahyu. Pasalnya, kata dia, Wahyu pernah lama menjabat sebagai Lurah Delitua Barat.

 

Wahyu mengatakan, dari data miliknya, hanya 478 KK penerima raskin resmi di Kecamatan Delitua dari sekitar 1.200 KK yang ada. Bahkan menurut dia, banyak juga warga di Delitua menembak dalam hal mendapatkan jatah raskin.

 

Disoal mengenai Kelurahan Delitua Barat, ia mengatakan yang berhak menerima raskin di kelurahan tersebut hanya 50 KK. "Itu yang miskin bener-bener di cek. Memang rumah mereka tepas tapi satu sisi mereka punya kereta dua," ungkap dia.

 

Lebih jauh, Wahyu juga hanya menjalankan perintah dari atasan dalam pembagian raskin tersebut. Artinya, kata dia, pembagian raskin dan BLT ini memang tidak tepat sasaran seperti yang terjadi di Kecamatan Delitua. Selain itu, ia juga mengakui warga Delitua Barat sering mengadu ke kantornya selama menjabat sebagai Lurah Delitua Barat.

 

"Ada 18 item itu yang berhak menerima bantuan. Salah satunya tidak memiliki televisi dan alasnya bukan lantai yang dikeramikkan. Kita maklumlah melihat warga sana. Data dari camat, ini-ini yang dapat bantuan ya saya kasih," ungkap dia yang menjabat sebagai Lurah Delitua Barat selama 4 tahun tersebut.

Category: Berita Online | Views: 409 | Added by: fztm | Tags: Tak Dapat BLT & Raskin, Delitua Barat | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Only registered users can add comments.
[ Sign Up | Log In ]